}
Siesta, Tidur Siang Menyehatkan
Health

Siesta, Tidur Siang Menyehatkan

by Yogira
Fri, 20-Nov-2015

Jangan malu tidur siang di kantor. Asalkan jangan kebablasan. Cukup tidur 30 menit kira-kira setelah jam makan siang, itu bagus untuk kesehatan.

Kalau boss di kantor menegur Anda karena tidur siang sebentar, berilah alasannya bahwa Anda menjalani siesta, yang berlaku juga di beberapa negara.

Yap, siesta adalah budaya tidur siang  singkat, mulai berkembang di Spanyol, kemudian ditiru oleh negara-negara lain. Bahkan di Serbia dan Slovenia, siesta wajib diterapkan antara pukul 2 siang hingga sore.

Namun, menurut penelitian, siesta yang baik durasinya 15-30 menit. Kalau lebih 30 menit, biasanya justru akan jadi lelap dan hanya akan mengganggu waktu tidur malam.

Sudah banyak ilmuwan menunjukan penelitian ilmiah mengenai siesta. Menurut Dr Mark Rosekind dari Alerness Solution, siesta akan terasa efek manfaatnya pada 2-3 jam ke depan. Orang yang menjalani kebiasaan siesta akan lebih sehat secara mental dan otaknya kembali segar sehingga akan menurunkan risiko stres dan diabetes.

Menurut penelitian di Yunani selama 6 tahun, orang yang tidur siang 30 menit setidaknya 3 kali dalam seminggu, 37% lebih rendah terkena serangan jantung.

Agar hasil siesta lebih efektif, Anda harus tidur terlentang dalam keadaan nyaman dan tidak terganggu. Setelah bangun lagi, siapkan tubuh dan suasana hati sebaik mungkin agar terhindar dari gejala sleep anertia atau rasa grogi dan disorientasi. Cara mengatasinya adalah berdiam diri beberapa menit, mencuci muka, minum air putih, berjalan kaki sebentar, kemudian bekerja  lagi.

Nah, tunggu apalagi, silakan Anda tidur siang di kantor cuma 30 menit. Tidur siang bagus kok untuk produktivitas kerja. [][teks @firza/berbagai sumber | foto thrillist.com, fancy.com]