}
Health

6 Cara Redakan Mata Merah

by Pandu
Tue, 24-Nov-2015

Di novel Twilight, tokoh Jane Volturi [Dakota Fanning] bermata merah dan punya kekuatan mengendalikan musuh. Di komik bestseller Naruto, tokoh Sasuke Uchiha juga bermata merah dan sangat kuat. Tapi itu semua cuma cerita fiksi.

Dalam kehidupan nyata, seorang bermata merah pasti dijauhi. Pasalnya, itu bisa menular jika disebabkan virus. Selain virus, bisa juga disebabkan mata kering, jadi iritasi. Karena mata manusia normal tidak ada yang bisa berubah jadi  merah [atau istilahnya sharingan], jadi lebih baik obati pakai cara alami ini:


1. Kompres

Bisa pakai handuk yang telah direndam air dingin. Dengan sendok yang sudah dimasukkan freezer juga bisa. Atau, langsung dengan es batu jika kuat dinginnya. Pastikan itu benda yang dingin untuk mengompresnya.

2. Uapkan

Sesekali agar mata tidak kering, taruh muka di atas kepulan air mendidih. Buka mata dan biarkan uap itu jadi pelembab alami.

3. Maskeran

Gunakan mentimun atau kantung teh yang habis diseduh di atas mata yang terpejam. Teh hijau dan hitam adalah yang terbaik untuk dipakai maskeran. Pakai saat hangat 5-10 menit.

4. Lepaskan Lensa Kontak

Lepas dalam waktu berjangka lensa kontak yang dipakai agar tidak menyebabkan mata iritasi. Setelah itu teteskan obat mata agar lembap atau basuh dengan air dingin.

5. Menjauh dari Layar TV/Laptop

Terlalu lama duduk dekat layar tv/laptop bisa buat mata kering lalu iritasi. Lebih baik secara berkala per dua jam sekali pejamkan mata biar rileks sesaat. Boleh juga cuci muka.

6. Berhenti Merokok

Pilih mata merah kekuningan atau berhenti merokok? Terserah itu pilihan per orang. Tapi salah satu penyebab mata merah itu karena asap rokok. Boleh merokok asalkan tidak dibakar. [][teks @HaabibOnta/bustle | foto firmoo]