}
Cara Redakan Demam
Health

Cara Redakan Demam

by Pohan
Wed, 25-Nov-2015

Demam terjadi ketika suhu badan melebihi 37 derajat celcius yang disebabkan penyakit atau peradangan. Selain itu demam bisa juga pertanda sel antibodi [darah putih] tengah melawan suatu virus atau bakteri. Inilah cara meredakan demam:

1. Minum obat acetaminophen atau ibuprofen. Obat acetaminophen aman dikonsumsi anak-anak, ibu hamil, serta ibu menyusui.

2. Atur suhu ruangan. Suhu dingin pada ruangan bisa membantu meredakan demam.

3. Minum air putih setidaknya dua liter sehari. Ketika suhu naik, tubuh kehilangan cairan yang sebagian besar keluar melalui keringat. Untuk mencegah dehidrasi, minum air putih yang banyak.

4. Makan sup ayam dengan nasi. Penelitian menunjukkan bahwa sup ayam memiliki khasiat dalam pengobatan. Sup juga akan memberikan cairan yang dibutuhkan tubuh.

5. Jangan memaksakan diri tetap bekerja atau melakukan aktivitas. Sebaiknya tidur di rumah, istirahat secara maksimal.

6. Berendam atau mandi air hangat agar lebih rileks. Mandi air hangat berkhasiat menurunkan suhu tubuh. Setelah itu badan terasa lebih segar

7. Gunakan spons basah. Letakkan pada dahi. Atau bisa juga kompres dengan handuk dingin, berisikan es batu. Usahakan tidur tanpa selimut.

8. Oleskan bawang putih pada kaki. Campurkan sedikit bawang putih dengan minyak kelapa. Kemudian oles di telapak kaki. Biarkan selama satu malam.

Jika demam tinggi sudah lebih dari dua hari, sebaiknya periksa ke dokter. [][teks @pohanpow | sumber & foto berbagai media]