}
Cara Baik dan Benar Cuci Tangan
Health

Cara Baik dan Benar Cuci Tangan

by Pohan
Tue, 01-Dec-2015

Cuci tangan adalah cara mudah untuk mencegah infeksi. Tapi boleh jadi, selama ini kamu belum tau cara cuci tangan yang baik dan benar. Tahukah kamu bahwa sering cuci tangan adalah salah satu cara terbaik untuk menghindari sakit dan menyebarkan penyakit?

Nggak ribet kok supaya kesehatan kamu tetap terjaga. Gunakan sabun dan air atau cairan pembersih tangan untuk mencuci tangan.

Cuci tangan bisa membantu membatasi perpindahan bakteri, virus dan mikroba lainnya. Disarankan kamu selalu mencuci tangan sebelum:
» Menyiapkan makanan atau makan
» Mengobati luka, memberikan obat, atau merawat orang sakit [terluka]
» Memasukkan atau melepas lensa kontak

Selalu mencuci tangan setelah:
» Menyiapkan makanan, terutama daging mentah atau unggas
» Menggunakan toilet atau mengganti popok
» Menyentuh hewan atau binatang mainan, kalung anjing atau limbah
» Meniup hidung, batuk atau bersin ke tangan
» Mengobati luka atau merawat orang sakit atau terluka
» Memegang sampah, peralatan rumahtangga atau bahan kimia, atau apapun yang bisa terkontaminasi --seperti kain pembersih atau sepatu kotor
» Berjabat tangan dengan orang lain

Yang pasti kamu wajib mencuci tangan setiap kali tangan kamu kotor. Umumnya mencuci tangan dengan sabun dan air. Ikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini:

1. Basahi tangan dengan air mengalir - baik hangat atau dingin.
2. Gunakan sabun cair, batang atau bubuk.
3. Sabun busa lebih baik.
4. Gosok tangan setidaknya selama 20 detik. Ingatlah untuk menggosok semua permukaan, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, antara jari dan di bawah kuku.
5. Bilas dengan baik.
6. Keringkan tangan dengan handuk bersih atau sekali pakai atau pengering udara.
7. Jika memungkinkan, gunakan handuk atau siku untuk mematikan keran.

Perlu diingat bahwa sabun antibakteri tidak lebih efektif dalam membunuh kuman daripada sabun biasa. Menggunakan sabun antibakteri bahkan dapat menyebabkan perkembangan bakteri yang resisten terhadap agen antimikroba produk ini --sehingga sulit untuk membunuh kuman tersebut di masa depan.

Cara menggunakan cairan pembersih tangan:

Cairan pembersih tangan merupakan alternatif ketika sabun dan air tidak tersedia. Jika kamu menggunakan cairan pembersih tangan, pastikan produk tersebut mengandung setidaknya 60 persen alkohol. Kemudian ikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini:

1. Tuang cairan secukupnya ke telapak tangan untuk membasahi tanganmu sepenuhnya.
2. Gosok tanganmu bersama-sama, yang meliputi seluruh permukaan, sampai tanganmu kering. [][teks @pohanpow/mayoclinic.org| foto berbagai sumber]