}
Mencegah dan Mengobati Fatigue
Health

Mencegah dan Mengobati Fatigue

by Pohan
Thu, 03-Dec-2015

Kelelahan atau dikenal dengan sebutan fatigue adalah suatu kondisi yang ditandi dengan berkurangnya kapasitas  seseorang untuk bekerja dan mengurangi efisiensi prestasi. Biasanya hal ini disertai dengan perasaan letih dan lemah. Kelelahan dapat akut dan datang secara tiba-tiba atau kronis dalam waktu lama.

Pencegahan Fatigue:

» Mengatasi stres dan berlatih teknik relaksasi.
» Lakukan olahraga, tapi dimulai secara perlahan. Cek kesehatan terlebih dahulu sebelum memulai program olahraga apapun. Cari waktu yang tepat untuk olahraga dan membangun kebiasaan olahraga.
» Periksa obat yang dikonsumsi, dengan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter perawatan kesehatan atau apoteker untuk memeriksa obat tersebut.
» Memperbaiki diet dan makan sarapan yang baik [sereal gandum, buah, susu, yang dikonsumsi secara teratur]. Tambahkan lebih banyak buah dan sayuran.
» Berhenti mengonsumsi kafein secara berlebihan.
» Berhenti merokok.
» Berhubungan seks hanya dengan pasangan.
» Cukup tidur dan memiliki rutinitas tidur yang baik dan konsisten [higiene tidur]. Pergi ke tempat tidur pada waktu yang sama setiap malam.
» Hindari kopi, teh, atau minuman berkafein setelah jam 6 sore.
» Jangan minum alkohol setelah makan malam, dan mengurangi jumlah total alkohol yang dikonsumsi karena alkohol mengganggu pola tidur.
» Orang dengan kondisi medis tertentu misalnya, diabetes, chronic obstructive pulmonary disease, kecemasan bisa mengurangi gejala penyakit mereka, termasuk kelelahan, dengan cara bekerja sama dengan praktisi kesehatan mereka untuk mengoptimalkan pengobatan.

Pengobatan Fatigue:

Pengobatan untuk Fatigue tergantung pada penyebabnya. Beberapa pengobatan untuk kondisi yang menyebabkan kelelahan termasuk obat-obatan, antibiotik, vitamin, dan olahraga. [][teks @pohanpow/emedicinehealth.com | foto berbagai sumber]