}
Tanda-tanda Kehamilan
Health

Tanda-tanda Kehamilan

by Pohan
Sun, 13-Dec-2015

Setelah resmi menikah, pasangan suami-istri pastinya menanti kehadiran sang buah hati. Kamu bisa saja tidak menyadari beberapa hal yang menjadi pertanda kehamilan. Namun test pack tak selalu menjamin juga akurasi kehamilan hingga 10%.

Nah, inilah beberapa gejala kehamilan yang paling umum:

1. Payudara menjadi sangat lembut dan sensitif selama beberapa bulan. Tak semua wanita mengalami ini, terutama jika yang menggunakan pil KB.

2. Areola atau lingkaran di sekeliling puting payudara mungkin akan berubah warna. Kadang akan menjadi lebih gelap selama masa kehamilan.

3. Muncul bercak darah sebelum menstruasi yang akan datang, biasanya terjadi antara 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi.

4. Sering buang air
atau sembelit. Ketika hamil, rahim menekan langsung pada kandung kemih menyebabkan lebih sering buang air kecil.

5. Banyak wanita merasa sangat lelah pada awal kehamilan [tanda bahwa energi terbagi untuk kebutuhan janin]. Bahkan, kelelahan bisa jadi tanda pertama kehamilan.

6. Mual
adalah salah satu efek samping yang paling umum saat kehamilan. Penyebabnya adalah d peningkatan kadar hormon [sekitar 80 persen wanita mengalami "morning sickness" selama 3 bulan pertama kehamilan].

7. Makin sensitif terhadap bau selama kehamilan. Gejala ini adalah salah satu tanda-tanda awal yang paling umum.

8. Suhu tubuh akan meningkat jika terjadi kehamilan atau ovulasi. Kondisi ini akan bertahan selama terjadinya kehamilan.

9. Indikator yang paling jelas saat kehamilan adalah terlambat datang bulan. Namun tidak selalu diartikan sebagai kehamilan. Bisa saja telat haid karena stres, diet atau gangguan hormon.

10. Mendadak menginginkan makanan tertentu. Ibu hamil membutuhkan 300 kalori ekstra per hari.

11. Sakit kepala sampai migrain dapat meningkat saat kehamilan. Banyak wanita yang mengalami hal ini terutama pada awal kehamilan.

12. Perubahan suasana hati. Banyak wanita mengalami perubahan suasana hati emosional selama kehamilan.

13. Mengalami pusing atau perasaan pusing. Ini disebabkan oleh pergeseran hormon.

14. Mulut terasa aneh seperti sedang mengulum logam. Meskipun tidak ada penjelasan ilmiah untuk gejala ini, toh bisa terjadi juga saat kehamilan.

15. Mendapatkan vivid dream. Kamu terlibat dalam mimpi tersebut tanpa kamu menyadarinya. [][teks @pohanpow/todaysparent.com | foto berbagai sumber]