}
Arti Kode Lingkaran Warna pada Obat
Health

Arti Kode Lingkaran Warna pada Obat

by Pohan
Thu, 09-Apr-2015

Seringkali kita mengonsumsi obat, namun belum sepenuhnya mengerti kode pada kemasannya. Padahal ini penting agar kita tahu golongan obat tersebut. Berikut arti kode lingkaran warna pada obat:

1. Lingkaran Biru yang terdapat dalam kemasan obat mengindikasikan bahwa obat ini dijual bebas terbatas. Maksudnya, meski bisa dibeli tanpa resep dokter, aturan pakai dan efek sampingnya harus menjadi perhatian. Penggunaannya pun harus sesuai dengan indikasi yang tertulis pada kemasannya. Yang termasuk dalam golongan lingkaran biru, antara lain: obat batuk dan obat demam.

2. Obat-obatan dengan tanda Lingkaran Hijau mengindikasikan bahwa obat ini dapat dibeli bebas di pasaran. Yang termasuk dalam golongan ini, antara lain: vitamin, oralit, pedialit, dan sebagainya.

3. K dalam Lingkaran Merah menunjukkan bahwa obat tersebut termasuk golongan obat keras yang harus diresepkan dokter. Yang termasuk dalam golongan ini adalah: antibiotik, obat-obat hormonal, dan sebagainya. [][teks @pohanpow/berbagai sumber | foto istimewa]