}
Manfaat Pisang Lebih Banyak Ketimbang "Mr P"
Health

Manfaat Pisang Lebih Banyak Ketimbang "Mr P"

by Pandu
Mon, 18-Jan-2016

Entah bagaimana ceritanya, pisang seringkali dijadikan pengandaian "Mr. P" kaum lelaki. Pasti karena bentuknya yang terlihat mirip. Sedangkan dari segi fungsi, pisang punya 5 manfaat. Sedangkan "Mr P" cuma untuk buang air kecil dan reproduksi.

Sebagai buah pencuci mulut yang seringkali ada di warung tegal atau nasi box, keberadaan pisang suka diabaikan. Padahal kandungan pisang itu bagus untuk tubuh lho.


1. Pisang melonggarkan pernafasan

Studi Imperial College of London membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi pisang setiap hari, presentase terhindar dari penyakit asma sampai 36% ketimbang yang jarang.

2. Pisang pengontrol gula darah

Tekanan darah tinggi itu seperti pembunuh profesional. Sekali menyerang, ia pukul dengan serangan jantung dan selesai. Potassium dalam pisang bisa mengontrol gula darah, menurut The Harvard School of Public Health.

3. Pisang mengurangi nafsu makan

Untuk yang ingin kurus, sering makan pisang ya! Serat pada pisang bisa menunda lapar. Jumlah karbohidratnya pun tidak kalah ketimbang nasi. Jadi tidak perlu takut lemas.

4. Pisang menangkal kanker

Menurut American Institute, pisang mampu mengurangi risiko kanker apapun jenisnya. Pasalnya, pisang mengandung konsentrat serat dan vitamin C.

5. Pisang kaya cairan elektrolit

Memakan satu pisang sama dengan meminum satu botol minuman olahraga yang kaya elektrolit. Bagusnya, pisang tidak mengandung bahan pengawet. Jadi, pilih mana, habis olahraga minum air putih+pisang atau minuman berpengawet?

6. Pisang menguatkan tulang

Tingginya kandungan potassium dalam buah ini bagus untuk mereka yang ingin punya tulang kuat. Jadi, orang yang doyan pisang tidak perlu takut ostereoporosis.

Sudah tahu 'kan sekarang manfaat pisang baik sekali untuk tubuh. Jadi, kalau ada pisang di dalam nasi box jangan dibuang. Sikat aja! [kecuali yang udah busuk]. [][teks @HaabibOnta/berbagai sumber | foto Andy Warhol]