}
Menangkal Mual
Health

Menangkal Mual

by Pohan
Wed, 20-Jan-2016

Jika mengalami  mual dan muntah, tentu kamu merasa sangat tidak nyaman. Penyebabnya bisa karena penyakit Gastroenteritis atau keracunan makanan, radang usus buntu, mual pada awal kehamilan, mabuk laut, terlalu banyak makan, dan lainnya. Kita tidak menyarankan kamu untuk minum obat sebagai penangkal utama. Baca dulu daftar berikut ini yang mungkin bisa membantumu untuk menangkal rasa mual:

1. Teh Jahe

Jahe yang dimasak atau jahe mentah ampuh untuk menangkal mual karena membantu menetralisir asam lambung.

Resep teh jahe:
2 cangkir jahe segar yang sudah dikupas, cincang kasar
3-4 strip kulit lemon atau jeruk nipis
3 liter soda
es batu
1/2-1 cangkir gula

Cara Bikin:

1. Masukkan 2 cangkir jahe yang sudah dicincang kasar, kulit lemon/jeruk nipis, dan 4 gelas air ke dalam panci. Biarkan sampai mendidih sambil diaduk selama 10 menit. Kemudian tambah gula.

2. Biarkan selama 15 menit sampai air menyusut. Siapkan mangkuk besar, saring air jahe yang mendidih, dan dinginkan. Hasil saringan bisa bertahan hingga 7 hari.

3. Ketika ingin diminum, campur air jahe dengan 1 cangkir soda dingin. Tambahkan es batu secukupnya.


2. Pelajari Akupresur

Metode terapi pijat atau akupresur bisa menangkal rasa mual. Ketika kamu merasa mual, tekan titik nadi selama 30 detik sampai 5 menit dengan kedua jari. Lalu tarik nafas dalam-dalam.

3. Biarkan Keluar

Jika kamu merasa begitu mual jangan dilawan. Keluarkan saja karena ada sesuatu yang tidak bagus dalam perut. Memegangnya  juga dapat merusak kerongkongan, karena asam lambung hanya ditahan di tenggorokanmu.

4. Mengelola Rasa Cemas

Salah satu penyebab mual itu adalah  rasa gelisah. Jadi, yang harus diobati rasa gelisahnya. Kalau kamu merasa gelisah, cobalah tarik nafas dalam-dalam dan minum air. Ini yang bakal membuat kamu fokus pada hal lain.
 

5. Membuat Roti dan Susu

Dua hal yang bisa menjinakkan perut agar tidak mual adalah roti dan susu. Roti menyerap kelebihan asam, sedangkan susu melindungi lambung. Roti dan susu membantu perut  yang terkena iritasi.
Siapkan secangkir susu hangat dan roti. Makan roti setelah dicelupkan ke dalam susu.

6. Lakukan Peregangan Otot

Berbaring di atas matras dan lakukan peregangan otot seperti di bawah ini:



Lakukan gerakan di atas masing-masing selama 10-15 detik.

7. Iris Lemon Segar

Siapkan satu buah lemon segar dan iris. Cium aroma lemon tersebut kemudian makan.

8. Kompres dengan Es Batu

Jika kamu sedang duduk, kompres bagian belakang leher kamu dengan kain berisikan es batu. Jika kamu sedang berbaring, kompres pada bagian leher [bawah dagu].

9. Duduk dan Angkat Kedua Kaki

Saat mual datang, sebaiknya kamu duduk. Angkat kedua kakimu hingga menyentuh perut, kemudian letakkan kepala di tengah kedua lutut. Biarkan terus begitu sampai kamu merasa kembali seimbang.

10. Peppermint

Seperti lemon, peppermint salah satu aroma segar yang bagus untuk menangkal mual. Kamu bisa menggunakan minyak peppermint untuk digosokkan pada gusi.

11. Hirup Udara Segar

Jika kamu merasa mual pada satu tempat, pergi dari tempat tersebut. Hirup udara segar di tempat lain. Kamu juga bisa mendapatkan udara dari kipas angin.

12. Ganti Cairan dan Nutrisi

Penyebab rasa mual salah satunya adalah lapar atau kekurangan cairan. Ketika kamu coba memuntahkan namun tidak keluar apa-apa, segera minum air lalu makan buah apa saja.

13. Ikuti Diet BRAT

Jika kamu mual dikarenakan keracunan makanan, ikuti diet BRAT [Bananas, Applesauce, Rice, Toast]. Selama 48 jam kamu hanya makan pisang, selai apel, nasi, dan roti. Setelah itu baru makan secara normal. [][teks @pohanpow/everydayroots.com | foto berbagai sumber]