}
Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kita Tidak Makan
Health

Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kita Tidak Makan

by Pohan
Thu, 28-Jan-2016

Mobil kalau bensinnya abis nggak bisa jalan. Begitu juga manusia tanpa asupan makanan. Aktivitas yang dilakukan manusia membutuhkan energi setiap saat.

Bagi kamu yang ingin kurus bukan lantas jadi nggak makan. Lakukan diet sehat dan berolahraga. Kalau kamu nggak makan karena putus cinta, selesaikan masalah dengan cara yang masuk akal.

Apabila tubuh tidak menerima makanan, gula darah akan rendah, otak tidak berfungsi, bahkan berujung pada kematian. Ini ringkasan apa yang terjadi pada tubuh saat kamu tidak makan:

» 6 Jam Pertama

Dalam tahap ini masih terasa normal, tetapi tubuh mulai memecah glikogen, yang mengubah energi dalam tubuh menjadi glukosa. Sekitar 25% dari energi yang dihasilkan digunakan hanya untuk otak dan sisanya untuk otot, serta sel-sel darah merah. Setelah lewat dari enam jam, produksi energi akan berhenti, mulai kehabisan energi. Hal tersebut dapat memicu kemarahan pada diri.

» 6-72 Jam

Tahap ini kondisi tubuh masuk dalam keadaan ketosis karena sudah hampir lebih dari satu hari tubuh tidak mendapat asupan makanan. Keadaan ini terjadi karena minimnya hidrat arang hingga memaksa tubuh memeras lemak sebagi sumber energi. Kerja otak juga mulai melemah dan mengganggu fungsi otak yang normal.

» 72 Jam

Lebih dari 72 jam, tubuh terus mengalami penderitaan. Tanpa glukosa dan lemak, tubuh akan terlihat mencuri energi dari sumber lain dan mulai menggunakan cadangan protein.

» 1-2 Minggu

Tanpa vitamin atau mineral, sistem kekebalan tubuh mulai menghentikan fungsi tubuh seperti menstruasi dan libido.

» 3 Minggu-70 Hari

Jika tubuh benar-benar tidak menerima asupan makanan selama tiga minggu atau 70 hari berarti kematian sudah dekat. [][teks @pohanpow/feed.id | foto berbagai sumber]