}
Manfaat Minyak Esensial
Health

Manfaat Minyak Esensial

by Pohan
Thu, 11-Feb-2016

Minyak esensial adalah minyak alami yang diekstrak dari tanaman, bunga, akar, kayu, kulit kayu, atau biji. Penelitian menunjukkan bahwa minyak esensial dapat digunakan untuk mengobati sejumlah penyakit, seperti: radang sendi, sakit tenggorokan dan hidung, masalah pencernaan, nyeri sendi, kelelahan otot, stres, dan masalah kulit.

Nah, berikut adalah beberapa jenis minyak esensial berikut manfaatnya. Mana yang kamu suka?

1. Lavender bisa menenangkan pikiran dan mengurangi stres. Coba oleskan minyak ini di bagian kulit, atau tuang beberapa tetes di sekitar bantal supaya tidur kamu menjadi nyenyak.

2. Peppermint dapat memberikan energi dan meningkatkan kewaspadaan mental. Minyak peppermint bisa digunakan sebagai minyak pijat, lotion, dan obat kumur. Setetes minyak peppermint yang dicampur teh membantu masalah pencernaan.

3. Sandalwood. Minyak eksotis ini tahan lama dan dapat bersifat tenang.  Beberapa tetes minyak cendana yang dicampur dengan lotion dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit dan meredakan ketegangan.

4. Bergamot. Minyak ini banyak digunakan dalam parfum dan cologne. Bergamot digunakan untuk mengobati stres, serta sejumlah masalah kulit seperti eksim. Bergamot juga dapat digunakan sebagai dupa atau vaporizer.

5. Rosemary dikenal memiliki efek meremajakan kulit. Selain itu, minyak ini bisa membantu meringankan sakit kepala, meningkatkan memori, mengurangi stres, dan merangsang sirkulasi pada kulit kepala, juga bisa mengobati ketombe dan masalah kulit kepala lainnya.

6. Tea Tree. Inilah salah satu minyak esensial yang paling populer dan efektif. Pasalnya, minyak pohon teh dikenal secara luas sebagai bahan untuk melawan infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Chamomile. Minyak ini berkhasiat menenangkan yang kuat. Setelah menggunakannya, suasana hati menjadi lebih tenang. Chamomile dapat digunakan dalam terapi uap untuk membantu meringankan stres.

8. Ylang -Ylang. Minyak ini memiliki sifat menenangkan yang cocok bagi semua jenis kulit, terutama kulit berminyak, padat, dan kulit yang meradang. [][teks @pohanpow/wellnesstoday.com | foto berbagai sumber]