}
Manfaat Red Wine yang Mengejutkan
Health

Manfaat Red Wine yang Mengejutkan

by Pohan
Tue, 14-Apr-2015

Red Wine [anggur merah-red] bukan sekadar minuman beralkohol. Ada bukti ilmiah bahwa apabila dikonsumsi dalam jumlah terbatas, minuman ini berkhasiat untuk  kesehatan yang mengejutkan. Syaratnya, dengan takaran yang baik, yakni sampai satu gelas 5 oz untuk dosis perempuan dan dua gelas 5 oz untuk dosis pria. Inilah 8 manfaat red wine bagi kesehatan:

1. Panjang Umur
Para peneliti di Harvard Medical School menegaskan bahwa resveratrol, [senyawa dalam kulit anggur merah] bermanfaat untuk anti-penuaan dengan merangsang produksi protein yang melindungi tubuh dari penyakit yang disebabkan oleh penuaan. Sebuah studi di Jurnal of Gerontology pada tahun 2007 mendukung klaim anti-penuaan tersebut. Di situ disebutkan, selama periode 29 tahun peminum anggur Finlandia memiliki angka kematian 34 persen lebih rendah daripada bir atau spirit drinkers.

2. Tingkatkan Daya Ingat

Resveratrol juga dapat membantu meningkatkan  daya ingat. Setelah hanya 30 menit dari uji coba, para peneliti menemukan bahwa peserta mengonsumsi suplemen resveratrol mencapai peningkatan yang signifikan dalam retensi kata-kata dan menunjukkan kinerja yang lebih cepat di hippocampus [bagian dari otak yang berhubungan dengan pembentukan kenangan baru, belajar, dan emosi].

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Sebuah studi pada tahun 2007 menunjukkan bahwa procyanidins, senyawa yang ditemukan dalam anggur merah tanin membantu meningkatkan kesehatan jantung. Anggur yang diproduksi di daerah Barat Daya Prancis dan Sardinia. Di sana orang cenderung hidup lebih lama, memiliki konsentrasi yang sangat tinggi dari senyawa itu. Studi lain dari Harvard School of Public Health menunjukkan, peminum moderat cenderung terkena serangan jantung.

4. Meningkatkan Kesehatan Mata
Sebuah studi Islandia menemukan bahwa peminum moderat adalah 32 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan katarak dibandingkan bukan peminum.

5. Mencegah Risiko Kanker
Protein dalam kulit anggur dapat membunuh sel-sel kanker. Menurut para peneliti di University of Virginia. Protein tersebut dapat membunuh sel-sel kanker dengan menghambat perkembangannya.

6. Meningkatkan Kesehatan Gigi
Penelitian terbaru menunjukkan antioksidan polifenol dalam anggur dapat memperlambat pertumbuhan bakteri pada mulut dan berpotensi membantu mencegah gigi berlubang. Anggur merah adalah yang paling efektif dalam membasmi bakteri tersebut.

7. Menurunkan Kolesterol
Anggur sejenis Tempranillo dan Rioja yang dapat menurunkan kadar kolesterol karena kandungannya didominasi varietas tinggi akan serat. Peserta studi yang sehat diberikan suplemen anggur merah. Ternyata kolestrol jahat [LDL] pada tubuh mereka mengalami penurunan 9 persen. Mereka yang terkena kolesterol tinggi diberikan suplemen yang sama mengalami penurunan 12 persen pada LDL.

8. Membantu Menangkis Flu Biasa

Berkat antioksidan yang ditemukan dalam anggur merah, peneliti menemukan mereka yang minum lebih dari 14 gelas anggur per minggu, 40 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami serangan flu biasa. [][teks @pohanpow/realsimple.com | foto popsugar.com, valsputnamwines.com]