}
Berhenti Makan Daging
Health

Berhenti Makan Daging

by Pohan
Sun, 13-Mar-2016

Orang beragama Hindu tidak makan daging sapi karena mereka menganggap sapi hewan yang mulia. Orang yang beragama Islam tidak memakan daging babi karena mereka menganggap daging babi itu haram. Oke, kalau itu soal kepercayaan.

Sementara, menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2003, sebanyak 20% dari mereka yang memilih untuk jadi vegetarian, hidupnya relatif lebih panjang dibandingkan dengan mereka yang non-vegetarian.

Berhenti total makan daging, bikin kamu jadi vegetarian. Manfaat jadi vegetarian, kamu akan mendapatkan gizi sesuai kebutuhan. Banyak juga yang mengatakan bahwa menjadi seorang vegetarian bisa kekurangan protein. Terus apa aja sih manfaat berhenti makan daging?


1. Kulit lebih bercahaya

Otomatis kamu mengonsumsi makanan yang mengandung mineral, anti-oksidan, dan serat lebih banyak. Nah, pola makan ini bisa membantu proses detoksifikasi dan membuat kulit lebih cerah. Kalau kamu yang punya masalah kulit seperti jerawat dan eksim, coba berhenti makan daging deh.

2. Kandungan asam pada tubuh berkurang

Pastinya kamu akan banyak mengonsumsi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Ini dapat membantu meningkatkan energi dan memperjelas penglihatan. Bahkan mengurangi rasa mual, kelelahan, sakit kepala, dan penglihatan kabur bisa teratasi.

3. Konsumsi protein yang tepat

Orang berpikir jika berhenti makan daging, kebutuhan protein tubuh tidak terpenuhi. Salah banget tuh. Justru makan daging, tubuh mendapatkan protein 1,5 lebih banyak dari yang dibutuhkan. Kelebihan protein akhirnya menjadi lemak yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan, diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

4. Kolesterol akan berkurang

Apabila kadar kolestrol darah naik bisa menyebabkan stroke dan penyakit jantung seperti halnya peradangan. Produk hewani seperti daging dan keju yang tinggi dengan lemak jenuh dapat menyebabkan naiknya kolesterol yang berdampak pada kondisi jantung. Emang nggak ada salahnya toh berhenti makan daging?

5. Menurunkan berat badan

Nah, manfaat ini paling disukai wanita. Kalau berhenti makan daging bisa menurunkan berat badan. Banyak orang yang mengalami penurunan berat badan ketika pertama kali beralih menjadi seorang vegetarian karena protein yang mereka konsumsi hanya tahu dan tempe saja.

6. Mengurangi risiko penyakit umum

Nggak hanya diabetes, penyakit jantung, dan kanker. Manfaat besar jadi seorang vegetarian bisa mengurangi peradangan dalam tubuh, dan juga dapat menurunkan risiko berbagai penyakit serius. Menurut dokter Michele McMacken, mereka yang memakan daging akan mengalami peningkatan kadar peradangan. Peradangan kronis dapat menyebabkan penyakit autoimun, diabetes, stroke, dan serangan jantung.

7. Berdampak baik pada lingkungan

Manfaat terakhir nih.. Seorang vegetarian berdampak positif bagi lingkungan dan satwa liar. Menurut artikel yang diterbitkan Pacific Standard, peternakan adalah penyumbang terbesar emisi gas rumah kaca, dibandingkan dengan polusi dari kendaraan. Nah, kamu bisa mengurangi kerusakan alam karena membantu mengurangi panganan dari peternakan. [][teks @pohanpow/feed.id | foto dok meditativedishwashing.wordpress.com, dailymail.co.uk]