}
Menu Ngemil Enak dan Sehat
Health

Menu Ngemil Enak dan Sehat

by Sherra
Tue, 14-Apr-2015

Saat senggang, seperti nonton teve, baca, dan ngerjain tugas emang asyik ya kalau sambil nyemil. Tapi jangan asal comot cemilan di toples, yang ada nantinya kamu nangis kalau liat timbangan, apalagi kalau emang lagi diet.

Tapi, kamu yang nggak bermasalah dengan berat badan sih pasti woles mau ngemil apa aja. Puk.. puk.. Jangan sedih! beberapa makanan di bawah bisa jadi alternatif lain untuk ngemil.


Edamame
Edamame atau kacang kedelai Jepang manfaatnya banyak lho bagi tubuh. Satu cangkirnya aja mengandung 17 gram protein, 8 gram serat, dan 189 kalori. Pas banget kok buat jadi cemilan sehat dan enak. Lebih oke lagi, Edamame bisa menurunkan kolesterol juga. Nyum..

Oatmeal
Bosen kalau oatmeal cuma diseduh tawar aja? Biar enak, kamu bisa tambahin susu rendah lemak, buah, selai kacang, atau parutan dark chocolate. Dibikin jadi biskuit juga bisa kok. Kamu tinggal panggang aja di dalam oven.

Yoghurt
Selain segar, yoghurt juga sehat kok, apalagi ditambah dengan buah-buahan. Kamu juga bisa bikin eskrim atau sandwich yoghurt dengan biskuit.

Sayuran
Daripada makan french fries, lebih baik makan potongan timun Jepang, rebusan wortel [baby carrots] atau jagung [sweet corn] dan dicocol ke dalam mayonaise.

Kembang Kol dan Brokoli
Rebus kembang kol atau brokoli dan sajikan dengan saus putih.
Bahan Saus Putih:
  • 1 sdm margarin
  • 1 sdm tepung terigu
  • 250 ml susu cair
  • 2 sdm krim kental
  • 1/4 sdt garam
  • merica secukupnya
Cara Membuat:
  1. Lelehkan margarin, masukkan tepung terigu, aduk hingga rata, dan diamkan selama 1 menit.
  2. Perlahan, masukkan susu cair kemudian krim kental. Didihkan kira-kira 4-5 menit. Tambahkan garam dan merica, sajikan.

Smoothie

Abis makan yang sehat-sehat. Minuman juga harus sehat. Jangan minum soda, mendingan minum air putih, jus, atau smoothie. Bikin smoothie gampang kok, tinggal campur potongan buah, sayuran, susu, sirup gula, es batu, dan yoghurt ke dalam blender. Jenis buahnya pun bisa dipilih sesuai selera.


Es Teh Hijau Mint
Teh hijau telah terbukti untuk bantu menurunkan berat badan dan meningkatkan metabolisme.
Bahan:
  • 1 cangkir daun mint segar, dicuci
  • 3-4 kantong teh hijau
  • es batu
  • madu
Cara Membuat:
  1. Masukkan daun mint ke dalam gelas besar, lalu hancurkan sedikit dengan tangan.
  2. Masukkan kantong teh dan tuangkan air panas, sisakan ruang untuk es batu.
  3. Tutup dan dinginkan selama 4-6 jam.
  4. Buang kantong teh, tambahkan es batu dan madu sesuai selera. [][teks @saesherra/berbagai sumber | foto berbagai sumber]