}
Begini Duduk yang Benar
Health

Begini Duduk yang Benar

by Dedi
Fri, 18-Mar-2016

Untuk pekerja kantoran sebagian besar aktivitas dilakukan dalam posisi duduk yang tak disadari kadang malah membuat masalah pada tulang punggung.
Dan untuk menjaga kesehatan tulang punggung kita, berikut beberapa tips bagaimana posisi duduk yang benar:

1. Duduk tegak dengan punggung lurus dan bahu kebelakang. Paha menempel di dudukan kursi dan bokong harus menyentuh bagian belakang kursi.

2. Pusatkan beban tubuh pada satu titik agar seimbang. Usahakan jangan sampai membungkuk.

3. Posisi lutut mempunyai peranan penting. Tekuklah lutut hingga sejajar dengan pinggul dan usahakan untuk tidak menyilangkan kaki.

4. Bagi yang bertubuh mungil dan merasa kursinya terlalu tinggi, gunakan pengganjal kaki untuk membantu menyalurkan beban dari tungkai.

5. Jika harus menulis tanpa meja kerja, pastikan posisi kaki tetap sejajar dengan lantai dan gunakanlah pijakan jika perlu.

6. Posisikan tangan senyaman mungkin di atas meja. Pilihlah kursi yang mempunyai sandaran tangan agar beban pada bahu dan leher berkurang.

7. Jangan memuntir punggung untuk mengambil sesuatu di samping atau di belakang. Putarlah keseluruhan tubuh sebagai satu kesatuan.

8. Usahakanlah istirahat setiap 30-45 menit dengan cara berdiri dan melakukan peregangan sesaat untuk mengembalikan kesegaran tubuh.

9. Duduk terlalu lama merupakan salah satu faktor risiko pembetukan batu ginjal, karenanya jangan lupa mengonsumsi air minum yang cukup. [][teks @dd_sarwono/klikdokter.com | foto ergonomics.com, posturechief.,com]