}
Bedakan Nyeri Biasa dan Rematik
Health

Bedakan Nyeri Biasa dan Rematik

by Dedi
Thu, 24-Mar-2016

Tiap kali ada keluhan nyeri otot dan sendi sering dikeluhkan sebagai rematik, tapi apakah nyeri otot dan sendi itu sama dengan rematik?

Nyeri otot atau myalgia adalah nyeri otot sementara yang disebabkan karena penggunaan otot berlebih atau karena postur tubuh yang salah. Penanganannya bisa menggunakan obat anti nyeri yang dijual bebas, misalnya parasetamol. Nyeri otot juga dapat sembuh dengan beristirahat.

Sedangkan rematik adalah penyakit pada kelompok tulang dan sendi. Penyakit ini dapat menahun, menyebabkan nyeri hingga pembengkakan sendi. Rematik yang umum dijumpai adalah osteo arthritis, rheumatoid arthritis, dan gout arthritis.

Osteo arthritis [OA] adalah jenis yang paling banyak dijumpai. Ciri khasnya ialah nyeri yang muncul perlahan dan bertambah karena aktivitas Selain itu juga terdapat kekakuan setelah sendi banyak beraktivitas. Sendi yang terkena OA biasanya bengkak dan terdapat kertakan [crepitus].


Gout arthritis disebabkan oleh berlebihnya asam urat pada darah yang membentuk tumpukan pada rongga sendi dan menyebabkan nyeri. Penyakit yang populer dengan nama asam urat ini lebih banyak diderita oleh laki-laki berusia 40-50 tahun dan wanita di atas 60 tahun.


Terakhir adalah Rheumatoid arthritis [RA] atau penyakit rematik sesungguhnya. Penyakit menahun ini belum diketahui pasti penyebabnya.

RA diduga disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang sendi secara simetris pada anggota tubuh kiri dan kanan dan menyebabkan nyeri. Sendi yang terkena umumnya adalah sendi kecil seperti sendi pada jari kaki dan tangan serta sendi besar seperti lutut, pinggul, lengan dan bahu.

Rasa nyeri akan terasa terus-menerus, dan dapat menyebabkan kekakuan sendi di pagi hari yang dapat bertahan lebih dari satu jam. Jika berkelanjutan RA dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah, radang pembuluh darah, radang paru dan lainnya. [][teks 2dd_sarwono, panadol.com | foto kennisha.com, hartsspace.com, steptohealth.com]