}
Pakai Lensa Kontak? Baca Ini!
Health

Pakai Lensa Kontak? Baca Ini!

by Pohan
Fri, 08-Apr-2016

Sudah banyak orang yang memakai lensa kontak sebagai pengganti kacamata.  Lensa kontak tentu lebih praktis untuk mendukung kegiatan sehari-hari pemakainya. Tapi ada juga yang pakai lensa kontak karena cuma pengin gaya aja. Padahal lensa kontak itu nggak bisa dipakai sembarangan karena bisa menyebabkan infeksi hingga kebutaan. So, baca nih 7 kesalahan pemakaian lensa kontak:

1. Tidak mencuci tangan sebelum memegang lensa kontak

Setelah tangan menyentuh gagang pintu, mikroba berpindah dari jari-jari ke lensa kontak kemudian ke mata. Hal ini dapat menyebabkan masalah besar bagi mata, seperti infeksi yang bisa merusak penglihatan.

2. Tidak sepenuhnya menggantikan cairan lensa kontak

Menurut studi terbaru, 96% dari 1.000 pemakai lensa kontak mengaku sering menggunakan kembali cairan lensa yang sudah lama. Sementara cairan tersebut adalah solusi untuk mensterilkan lensa kontak.

3. Melewatkan gosokan

Saat mengambil lensa kontak, gosokan dan cuci lensa  kontak masing-masing selama lima detik di antara jari-jari. Menggosok lensa akan membantu menghilangkan endapan-endapan yang menempel dan terjebak di permukaan lensa.

4. Memakai sepasang lensa kontak untuk waktu yang lebih lama dari yang seharusnya

Jangan malas untuk mengganti lensa kontak yang sudah kadaluarsa. Kalau lensa yang kita pakai   melebihi batas waktu kadaluarsa, mata kita  bisa terkena iritasi. Ikuti petunjuk dokter atau lihat keterangan dalam kemasan lensa kontak.

5. Bilas lensa kontak dengan air atau tidak sama sekali

Buang air pencuci lensa kontak yang telah digunakan setiap hari. Bilas tempat lensa kontak dengan air atau cairan khusus. Keringkan dengan handuk bersih setiap kali selesai digunakan.

6. Basahi lensa kontak dengan air liur setelah terjatuh

Setiap tetes air liur manusia mengandung sekitar 60.000 bakteri. Jangan pernah membasahi lensa kontak dengan air liur.

7. Menggunakan solusi lensa kontak generik

Konsultasi dengan dokter untuk mengidentifikasi solusi yang terbaik lensa yang sesuai dengan kebutuhan. Jika cairan lensa kontak tidak kompatibel, mata akan menjadi kering, merah, gatal atau lensa kontak tidak tahan lama. [][teks @pohanpow/health.usnews.com | foto dok. thesun.co.uk, comlyeyecare.ca]