}
Manfaat Mentimun
Health

Manfaat Mentimun

by Hagi
Fri, 22-Apr-2016

Bentuknya bulat lonjong, warnanya hijau segar, banyak manfaatnya. Apa saja?

1. Pengganti air. Terlalu sibuk untuk minum cukup air? Kunyah saja mentimun dingin yang mengandung 96% cairan.

2. Tangkal panas dari dalam dan luar. Makan mentimun bikin panas dalam menyingkir. Gosokkan timun ke kulit untuk mencegah sengatan matahari.

3. Menyapu racun. Kandungan air di mentimun berfungsi sebagai sapu virtual yang membersihkan limbah di sistem pencernaan Anda.

4. Sumber vitamin A, B, dan C. Berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, memberi energi, dan membuat Anda bersemangat.

5. Sangat baik untuk kulit, karena mengandung magnesium, kalium, silikon. Makanya, banyak perawatan dengan mentimun di spa.

6. Membantu menurunkan berat badan. Masukkan mentimun ke dalam salad atau sup Anda. Boleh juga dinikmati dengan cocolan yogurt rendah lemak.

7. Mencerahkan mata. Meletakkan potongan timun di mata itu bukan gaya-gayaan, tapi benar-benar mengurangi kantung mata dan bengkak di sekitarnya.

8. Lawan kanker. Kurangi risiko sejumlah kanker dengan memasukkan mentimun sebagai menu dalam diet Anda.

9. Menstabilkan tekanan darah. Penderita tekanan darah --baik tinggi maupun rendah-- merasa agak baikan dengan mengonsumsi mentimun.

10. Menyegarkan mulut. Jus mentimun menyembuhkan sakit pada gusi dan menyegarkan mulut, serta membuat mulut Anda harum.

11. Membantu pencernaan. Mengunyah mentimun memberikan latihan pada rahang Anda dan seratnya sangat bagus untuk pencernaan.

12. Menghaluskan rambut dan kuku. Kandungan mineral silica pada mentimun membuat rambut dan kuku Anda kuat juga bersinar.

13. Merilekskan otot dan mengusir nyeri sendi, berkat kandungan vitamin dan mineral di dalamnya.

14. Menjaga fungsi ginjal. Mentimun berkhasiat menurunkan kadar asam urat dalam sistem Anda, dan menjaga ginjal Anda tetap sehat.

15. Baik untuk penderita diabetes, karena mengandung hormon yang dibutuhkan sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin.

16. Mengurangi kolesterol. Sebuah senyawa yang disebut sterol dalam mentimun membantu mengurangi kolesterol jahat. [][teks @evaevilia/care2.com | foto freeimages.com]