}
'Sihir' Ajaib Daun Sirih
Health

'Sihir' Ajaib Daun Sirih

by Sherra
Mon, 25-Apr-2016

Daun sirih mengandung banyak manfaat kesehatan, terutama untuk pengobatan dan penyembuhan. Tumbuhan merambat ini mengandung vitamin seperti vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin dan karoten serta sumber kalsium yang baik. Nah, berikut khasiat-khasiat daun sirih.

1. Meningkatkan pencernaan: Mengunyah daun sirih dapat merangsang pelepasan air liur yang merupakan langkah pencernaan makanan. Berbagai enzim pada air liur bisa memecah makanan sehingga mudah untuk dicerna.

2. Mencegah karsinogenesis di rongga mulut: Berkumur dengan air rebusan daun sirih bisa mengobati sakit tenggorokan. Selain itu, mengunyah daun sirih juga mencegah kanker mulut dengan menjaga kadar asam askorbat pada air liur. Askorbat adalah antioksidan yang membantu mengurangi radikal bebas dalam tubuh sehingga mencegah kanker.

3. Membantu menjaga kebersihan mulut: Daun sirih memiliki berbagai bakterisida, yaitu senyawa yang membantu menghancurkan bakteri penyebab bau mulut. Rempah-rempah seperti cengkeh, kayu manis, dan pala juga dikenal untuk memecahkan banyak masalah mulut.

4. Mengobati luka lambung: Ekstrak daun sirih memiliki aktivitas gastroprotektif dan membantu dalam mencegah luka lambung.

5. Pengobatan kutil: Daun sirih merupakan komponen utama dalam berbagai obat-obatan alternatif dalam mengobati kutil. Obat-obatan tersebut tidak meninggalkan jaringan parut apapun dan menghilangkan kutil sepenuhnya tanpa kambuh kembali.

6. Menyembuhkan bisul: Daun sirih juga banyak digunakan untuk mengobati bisul. Daun sirih dihangatkan hingga sedikit lebih lembut, lapisi dengan minyak jarak dan tempelkan di atas bisul. Perawatan ini untuk membuat bisul pecah dan kering.

7. Mengatasi diabetes: Ekstrak daun sirih dikenal untuk mengontrol kadar gula darah dan memiliki anti-diabetes yang efektif.

8. Mengobati batuk: Ekstrak daun sirih dicampur dengan madu dikenal untuk meringankan batuk dan membantu menghilangkan dahak dari dada.

9. Menyembuhkan luka: Haluskan daun sirih, pakaikan pada luka dan balut juga dengan daun sirih. Itu bisa menyembuhkan luka dalam waktu dua hari.

10. Menyembuhkan sembelit: Batang daun sirih dicelupkan ke dalam minyak jarak, lalu masukkan ke dalam dubur. Ini dipercaya efektif meringankan sembelit.

11. Mengobati sakit kepala: Tempelkan potongan kecil daun sirih pada pelipis atau buat ekstrak daun sirih dengan menumbuk daun sirih dengan sedikit air panas, dan ambil sarinya. Tambahkan minyak jarak ke sari daun sirih. Oleskan campuran tersebut pada pelipis. Kamu juga bisa merebus daun sirih dan menghirup uapnya.

12. Antiseptik jerawat: Haluskan daun sirih dan sedikit air panas hingga menjadi pasta. Oleskan pada jerawat. Untuk pencegahan, cucilah muka dengan air rebusan daun sirih.

13. Mengurangi sakit punggung dan pinggang: Haluskan daun sirih dan campurkan minyak kelapa. Memijat punggung  campuran tersebut bisa meringankan rasa sakit. Bisa juga digunakan untuk nyeri otot tegang, kemerahan, dan bengkak.

14. Menghentikan nyeri telinga: Campur ekstrak daun sirih dengan minyak kelapa. Teteskan sebanyak dua tetes dalam telinga.

15. Mencegah bau badan: Daun sirih membantu untuk mencegah bau badan. Mandilah dengan jus daun sirih atau minyaknya agar tetap segar sepanjang hari. Minum air rebusan daun sirih juga bisa mencegah bau yang tidak menyenangkan dari keringat.

16. Mimisan: Daun sirih adalah obat yang baik untuk mimisan. Banyak anak-anak mimisan saat mereka bermain di luar di bawah terik matahari. Daun sirih membantu untuk menghentikan aliran darah. Gulung daun sirih segar dan masukkan ke dalam hidung yang mimisan. Dibutuhkan sekitar 30 menit untuk menghentikan aliran darah. [][teks @saesherra/thehealthsite.com/stylecraze.com | foto nuffoodsspectrum.in/ wikimedia]