}
Manfaat Lain Tembakau
Health

Manfaat Lain Tembakau

by Pohan
Tue, 26-Apr-2016

Tembakau berasal dari Amerika yang ditemukan pertama kali oleh Colombus pada tahun 1492. Salah satu jenisnya Nicotiana rustica, tembakau Turki yang tumbuh di semua bagian di dunia. Tembakau bukan hanya sebagai bahan dasar membuat rokok. Inilah manfaat lain tembakau:

1. Tembakau memiliki kandungan zat yang dapat mereaksi protein dalam tubuh.

2. Tembakau memiliki hormon penting yang memiliki peran dalam merangsang peredaran darah manusia ke seluruh tubuh.

3. Kandungan hormon dalam tembakau lokal memiliki kandungan dua kali lipat lebih banyak dibanding hormon yang terkandung dalam tembakau asal Eropa.

4. Tembakau memiliki kandungan protein anti-kanker. Zat yang terkandung dalam tembakau bereaksi pada protein, yang kemudian memisahkannya dengan bakteri.

5. Tembakau mengandung sumber protein yang dapat menstimulasi anti-bodi terhadap Human Papilloma Virus [HPV], yang menjadi penyebab kanker mulut rahim.

6. Tembakau bisa diolah menjadi obat yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit HIV/AIDS.

7. Selain bisa diekstrak dan diambil bagian tertentu seperti nikotin, tembakau digunakan untuk menghasilkan berbagai macam produk makanan dan minuman.

8. Tembakau bisa dipakai untuk melepaskan gigitan lintah ketika berada di dalam hutan.

9. Tembakau digunakan untuk insektisida karena nikotin yang terkandung merupakan neurotoxin yang sangat ampuh untuk serangga.

10. Tembakau digunakan untuk mengobati luka. Ambil ± 25 gram daun segar Nicotiana Tabacum. Kemudian cuci dan tumbuk sampai lumat. Tambahkan minyak tanah ± 25 ml, diperas dan disaring. Hasil saringan dioleskan pada luka. [][teks @pohanpow/kompasiana.com | foto dok. learnnc.org, littlegatepublishing.com]