}
Manfaat Madu
Health

Manfaat Madu

by Hagi
Mon, 25-Apr-2016

Satu-satunya bahan makanan yang tak akan pernah busuk ini, punya banyak manfaat. Apa saja?

1. Memperbaiki Ingatan - Madu kaya dengan kandungan vitamin dan mineral baik yang membantu tubuh mengolah dan menjaga sel-sel pikiran.

2. Mengempukkan Kue Panggang - Madu mengikat lebih banyak air sehingga membuat tekstur makanan lebih lembut.

3. Mengatasi Efek Mabuk - Jika diminum dengan teh, madu akan mencerna alkohol lebih cepat dan mengurangi efek setelah mabuk.

4. Pembersih Wajah - Madu bersifat antibiotik dan jika dioleskan ke wajah, madu dapat mengangkat sel mati dan membersihkan bakteri.

5. Menyembuhkan Luka - Karena sifat antibiotiknya, madu dapat cepat menyembuhkan luka. Semakin hitam warna madu, semakin bagus.

6. Mengurangi Batuk di Malam Hari - Dalam dua studi, madu terbukti lebih ampuh dibanding obat penahan batuk dan antihistamin.

7. Membantu Diet - Madu dapat meningkatkan metabolisme. Dicampur dalam teh hijau, efeknya bakal lebih baik lagi untuk diet Anda.

8. Meredam Insomnia - Gula dalam madu merilis serotonin dalam tubuh, yang diubah menjadi melatonin, bahan kimia penting yang mengatur tidur.

9. Menyamarkan Bekas Luka - Campurkan madu dengan minyak kelapa atau minyak zaitun dan oleskan ke bekas luka. Lalu tutup dengan handuk hangat.

10. Meredakan Alergi - Jumlah serbuk sari yang tetap dalam madu dapat membantu tubuh memproduksi antibodi yang menghambat alergi.

11. Pembunuh Parasit - Campuran madu, air, dan cuka dapat dikonsumsi untuk membersihkan parasit di dalam usus.

12. Memperbaiki Penglihatan - Praktisi Ayurveda percaya madu menyembuhkan dan memperbaiki penglihatan, sama seperti wortel.

13. Pemanis dan Pengental Saus Asia - Ada banyak kuliner Asia yang mengandung madu sebagai pemanis dan pengental saus. Rasanya mewah.

14. Menetralkan Bau Mulut - Campurkan satu sendok teh madu, 1/8 sendok teh bubuk kayu manis, dan secangkir air hangat. Kumurlah dengan itu.

15. Mereduksi Asam - Sebuah studi di British Medical Journal menemukan bukti bahwa madu dapat meringankan tenggorokan dan mereduksi asam.

16. Melembabkan Kulit Kering - Banyak masalah kulit siku dan lutut yang kering. Gosokkan madu ke area itu secara rutin, dan nikmati hasilnya.

17. Memendekkan Durasi Diare pada Anak - Madu baik untuk menyembuhkan diare, tapi bukan untuk anak di bawah 12 bulan ya.

18. Suplemen Energi Alami - Kandungan gula sederhana pada madu akan lebih cepat diserap darah dan memompa stamina menjadi lebih dahsyat.

19. Pengawet Buah - Dengan rasio 1:10 antara madu dan air, larutan ini bisa memperpanjang usia buah segar.

20. Meringankan Penderitaan Selama Hamil - Madu bermanfaat untuk menghalau mual dan morning sickness, serta menetralkan asam lambung.

21. Pelembab Bibir - Campur dengan lilin lebah, bubuk cocoa, vitamin E, dan minyak zaitun. Voila! Anda punya pelembab bibir alami.

22. Mengusir Ketombe - Gosok campuran 90% air dan 10% madu ke rambut Anda, lalu bilas tiga jam kemudian. Rambut akan bersih dari ketombe.

23. Mengakhiri Cegukan - Walaupun tidak selalu langsung berhenti, minum sesendok madu akan membantu tubuh mengurangi cegukan.

24. Pengganti Krim Cukur - Jika persediaan krim cukur Anda habis. Bolehlah coba campur madu dan air hangat. Jangan lupa dibilas ya.

25. Bekal Akhir Zaman - Madu adalah satu-satunya makanan yang tak akan pernah busuk. Cocok buat persediaan menjelang kiamat nanti. [][teks @evaevilia/list25.com | foto freeimages.com]