}
Yoga Mana Pas Untukmu?
Health

Yoga Mana Pas Untukmu?

by Pohan
Wed, 04-May-2016

Menurut Wikipedia, yoga merupakan salah satu dari enam ajaran filsafat Hindu, yang menitikberatkan pada aktivitas meditasi seseorang, yang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca inderanya dan tubuhnya secara keseluruhan.

Yoga dapat meningkatkan kekuatan, kelenturan, dan keseimbangan pada tubuh. Kamu bisa pilih yoga yang sesuai dengan kebutuhan. Pastinya yoga bisa melepaskan ketegangan dalam tubuh, membuat pikiran tenang, dan membantu kamu supaya lebih rileks.


1. Ashtanga Yoga

Ashtanga menggunakan teknik pernapasan khusus untuk membantu memfokuskan pikiran dan mengontrol aliran napas melalui tubuh.

2. Bikram Yoga

Periksa terlebih dahulu kondisi medis ke dokter, sebelum melakukan yoga yang satu ini. Apalagi penderita hipertensi atau diabetes.

3. Hatha Yoga

"Hatha Yoga" berarti latihan fisik yoga: pose, lebih dari latihan pernapasan. Kelas ini sederhana, baik untuk pemula belajar melakukan pose dasar.

4. Iyengar Yoga

Yoga ini dilakukan menggunakan alat peraga seperti ikat pinggang, blok, dan guling bantal untuk mendapatkan pose dengan keselarasan yang benar.

5. Kripalu Yoga

Kripalu yoga dimulai dengan gerakan lambat dan tidak mengeluarkan keringat. Ini berlangsung melalui tiga tingkat kesadaran pikiran-tubuh yang lebih dalam.

6. Kundalini Yoga

Yoga lebih spiritual dan filosofis dibanding gaya yoga lainnya. Kelas yoga Kundalini termasuk meditasi, teknik pernapasan, dan nyanyian serta postur yoga.

7. Power Yoga

Power yoga membangun kekuatan tubuh bagian atas serta fleksibilitas dan keseimbangan.

8. Sivananda Yoga

Posisi dilakukan sambil berbaring. Jumlahnya ada 13 pose. Yoga ini mudah beradaptasi dengan orang-orang dari kemampuan fisik yang berbeda.

9. Viniyoga

Gaya yoga ini ideal untuk pemula dan orang-orang yang ingin fokus pada fleksibilitas, pemulihan dari cedera, kesadaran tubuh, dan relaksasi. [][teks @pohanpow/webmd.com | foto yogalondres.co.uk, retreat.guru]