}
Kesalahan Umum Menyikat Gigi
Health

Kesalahan Umum Menyikat Gigi

by Hagi
Fri, 06-May-2016

Siapa tak pernah terserang sakit gigi? Nah, boleh jadi, caramu menjaga kesehatan gigi dan mulut, sudah benar. Tetapi, bagi yang pernah, dan mungkin serang diterjang sakit gigi, maka boleh jadi ada cara-cara kita merawat gigi yang belum tepat. Simak deh yang ini..

1. Alat yang Salah. Coba cek sikat gigimu. Apakah ukurannya terlalu besar? Apakah bulu sikatnya terlalu keras? Jangan sampai sikat gigimu malah melukai rongga mulut atau menggores gusi dan menyebabkannya berdarah.

2. Sembarangan Memilih Pasta Gigi. Gunakan pasta gigi yang paling tepat untuk kondisi gigi dan mulutmu. Penggunaan pasta gigi yang tidak tepat akan memperburuk kondisi gigimu, apalagi saat sakit gigi menyerang.

3. Waktu yang Salah. Kapan kamu biasa menyikat gigi? Waktu yang tepat adalah di waktu pagi, setelah makan berat, dan sebelum tidur.

4. Terlalu Sering Gosok Gigi. Berapa kali kamu biasa sikat gigi? Sekali dalam sehari? Atau berkali-kali? Ahli gigi menyarankan, jangan lebih dari tiga kali sehari. Karena terlalu sering menggosok gigi akan merusak lapisan pelindung gigimu.

5. Ceroboh Menyikat. Tentu ini akan bisa menyebabkan gigimu tidak seluruhnya bersih. Bahkan mungkin saja melukai gusimu. Sempurnakanlah teknik menyikatmu. Gigi seri dan taring disikat dari atas ke bawah, gigi geraham digosok maju mundur. Belakang gigi jangan lupa ya.

6. Caranya Membosankan. Dari mana kamu mulai menyikat gigimu? Kalo dari situ melulu, pasti bikin bosan, dan mungkin ada bagian yang terlewat. Cobalah ubah rutinitas menggosok gigimu. Mulailah dari gigi yang berbeda setiap saat, sehingga semua bisa kebagian disikat duluan.

7. Tak Peduli Tingkat Keasaman Gigi. Hayo, kamu abis makan apa tadi? Beberapa makanan punya kadar asam yang tinggi, lho. Jadi biasakan, setelah menyantap makanan yang asam-asam, usahakan untuk menyikat gigi, atau paling tidak, berkumur dengan cairan basa.

8. Membiarkan Sikat Gigi Tanpa Penutup. Bakteri ada di mana-mana lho. Apalagi kalo di kamar mandimu sering ada kecoa. Iiiiiiih.. Makanya, pakailah penutup sikat gigi, dan jangan biarkan sikatnya lembab. Tempat yang lembab memudahkan tumbuhnya jamur.

9. Tak Peduli Usia Sikat Gigi. Kapan kamu terakhir ganti sikat gigi? Jangan terlalu hemat lah. Prioritaskan kesehatan. Kamu nggak mau kan kalo tau-tau sakit gigi, karena sikat gigimu udah ubanan saking terlalu lama nggak diganti? [][teks @evaevilia, webmd.com | foto freeimages.com]