}
Rawat Mata Sehat
Health

Rawat Mata Sehat

by Sherra
Sun, 08-May-2016

Sebagaimana pepatah bilang, mata adalah jendela dunia. Ya, mata berperan penting dalam hidup kita untuk melihat indahnya dunia, entah lihat pemandangan atau orang yang "bening-bening". Sayangkah Anda pada mata? Maka rawatlah agar selalu memiliki penglihatan maksimal.

1. Pakai Kacamata

Sinar ultraviolet mengancam mata. Memakai kacamata saat beraktivitas di bawah terik matahari bisa mencegah kerusakan retina, melindungi kulit kelopak mata yang lembut, mencegah keriput dan kanker kulit di sekitar mata.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Kekurangan vitamin dapat merusak fungsi retina dan menimbulkan masalah penglihatan yang berkaitan dengan usia, seperti degenerasi makula dan katarak. Kepercayaan soal mengonsumsi wortel meningkatkan penglihatan itu benar adanya. Tapi berbagai sayuran, terutama daun hijau pun  penting sebagai menu makanan Anda.

3. Gunakan Pelindung Mata

Ketika bekerja dengan bahan berbahaya atau berhadapan dengan polusi udara dan debu, pakailah kacamata atau helmet dengan kaca sebagai pelindung. Jangan biarkan mata sering kemasukan debu dan cedera. Begitu pula saat berolahraga yang perlu memakai perlindungan mata.

4. Ikuti Aturan 20-20-20

Sering menatap layar komputer? Cobalah ikuti aturan 20-20-20. Menatap komputer atau perangkat digital lainnya dapat menyebabkan ketegangan otot mata, menyebabkan mata kering, pandangan kabur, dan sakit kepala. Karena saat berkonsentrasi dengan menatap komputer, mata akan jarang berkedip. Kurangi masalah ini dengan mengistirahatkan mata setiap 20 menit dengan melihat 20 kaki [50 cm] di depan Anda selama 20 detik. Setidaknya setiap 2 jam, istirahatkan mata selama 15 menit.

5. Berhenti Merokok

Merokok membuat Anda rentan terkena degenerasi makural [penurunan ketajaman penglihatan] yang menyebabkan hilangnya fungsi penglihatan sentral.

6. Olahraga

Tahukah Anda? Menjaga kesehatan secara keseluruhan melindungi mata juga. Olahraga membantu meningkatkan sirkulasi yang dapat menurunkan tekanan pada mata dan risiko glaukoma, penyakit mata yang gejalanya bertahap dan mengakibatkan kebutaan. Selain tekanan bola mata, glaukoma bisa disebabkan karena hipertensi dan diabetes mellitus.

7. Periksa ke Dokter

Mungkin nggak merasa ada masalah gangguan penglihatan. Tapi pemeriksaan mata ternyata penting untuk mendeteksi adanya perubahan kesehatan mata. Beritahu dokter mata Anda tentang riwayat kesehatan Anda. Beberapa penyakit bisa berhubungan pada kesehatan mata. juga bisa mendeteksi masalah kesehatan sistemik lainnya, seperti glaukoma dan diabetes, sebelum ada gejala yang signifikan.

8. Ganti Tempat Lensa Kontak Secara Rutin

Beberapa pasien mengalami komplikasi karena tidak membersihkan tempat lensa kontak dan menyimpannya di tempat lembap  yang bisa menjadi sarang  bakteri untuk berkembang biak. Maka gantilah tempat lensa kontak dua atau tiga bulan sekali dan simpan di tempat bersih dan kering. Sebelum menyimpan lensa kontak, pastikan tempatnya telah dibersihkan.

9. Minum Kafein

Kabar bagus nih buat peminum kopi dan teh. Dua porsi minuman berkafein sehari baik membantu produksi air mata dan menjaga mata lembab. Perlu diingat! lebih dari dua porsi minuman berkafein malah justru menguras air mata dan membuat mata kering. Ya, sesuatu yang berlebihan memang nggak baik.

10. Kacamata atau Lensa Kontak Khusus

Beberapa orang mungkin perlu kacamata khusus saat menggunakan komputer untuk membantu mengurangi kontras, silau, dan ketegangan mata. Atur posisi komputer Anda sehingga mata sejajar dengan bagian atas monitor. Cobalah untuk menghindari pantulan cahaya pada layar dari jendela dan lampu. Usahakan gunakan anti-glare pada layar.

11. Ketahui Riwayat Kesehatan Keluarga

Banyak kondisi yang menyebabkan atau meningkatkan risiko, maupun kehilangan penglihatan  karena faktor genetik atau keturunan. Diskusikan dengan keluarga dan berbagi informasi mengenai pemeriksaan mata.

12. Olahraga Mata

Selain olahraga badan, olahragakan lah mata Anda. Putar mata searah jarum jam, buatlah persegi dengan mata Anda, tatap objek yang dekat dan jauh secara bergantian. Biarkan otot mata Anda meregang setelah menatap layar komputer. [][teks @saesherra/alcon.com, webmd.com | foto @tantedow]