}
Khasiat Kayu Secang
Health

Khasiat Kayu Secang

by Sherra
Sun, 29-May-2016

Indonesia kaya akan rempah yang berkhasiat ya. Pernah dengar tanaman secang? Salah satu jenis rempah-rempah  yang dimanfaatkan kulit kayu dan batang kayunya. Tanaman ini tumbuh liar di  ketinggian 1.000 m dpl dan kadang ditanam untuk pembatas kebun atau sebagai tanaman pagar. Daun tanaman secang panjangnya 25 sampai 40 cm dan mirip dengan daun petai cina.

Kulit kayu secang memiliki senyawa Brazilin yang merupakan zat pewarna merah alami. Bukan cuma menjadi bahan dasar untuk pewarna, kayu secang juga berkhasiat sebagai minuman untuk pengobatan:

> Kayu secang mengandung polifenol tinggi, yang merupakan salah satu zat antioksidan untuk menangkal radikal bebas, seperti yang terkandung pada manfaat teh hijau.

>Mengandung flavonoid yang bermanfaat untuk tubuh seperti meningkatkan efektivitas manfaat vitamin C, berfungsi sebagai antibiotik alami, dan menangkal radikal bebas.

> Kayu secang juga mengandung tannin, jenis senyawa yang bersifat antibakteri. Tannin bermanfaat menghentikan pendarahan, anti bakteri, memperbaiki dinding usus yang rusak karena ulah virus atau bakteri.

> Kandungan minyak atsiri pada kayu secang bermanfaat sebagai bahan dasar analgesik, obat sakit perut, dan bahan dasar antiseptik untuk penyembuhan luka. Minyak atsiri ini menimbulkan aroma yang khas dan unik.

> Kayu secang juga memiliki efek anti-inflamasi dan anti-kanker.

> Mengatasi nyeri menstruasi, dysphoria dengan sensasi sesak nafas, diare, batuk.

> Kayu secang juga dapat dimanfaatkan untuk pengobatan disentri, batuk darah pada TBC, muntah darah, sifilis, malaria, tetanus, tetanus, pembengkakan [tumor], dan nyeri karena ganggu sirkulasi darah.

Berikut cara mengolah kayu secang menjadi minuman obat:

1. Potong kayu secang kering kecil-kecil

2. Rebus potongan kayu secang hingga mendidih, kurang lebih 15 sampai 20 menit

3. Saring hasil rebusan lantas minum airnya.

Silakan mencoba! [][teks @saesherra/manfaat.co.id, berbagai sumber | foto wikipedia]