}
Mencegah Kanker Serviks
Health

Mencegah Kanker Serviks

by Pohan
Mon, 27-Jun-2016

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Ungkapan ini memang cocok untuk mengantisipasi segala macam penyakit, termasuk  kanker yang muncul pada leher rahim wanita alias kanker serviks.

Kanker serviks bisa menyerang siapa saja, tak pandang usia. Meski begitu, kencederungannya menimpa pada wanita   yang aktif secara seksual, antara usia 30-45 tahun dan jarang menyerang pada wanita berusia di bawah 25 tahun.

Bagaimana cara mencegahnya?
1. Lakukan hubungan seks yang aman dan setia pada pasangan. Gunakan kondom ketika berhubungan seksual untuk mengurangi risiko tertular HPV [Human papillomavirus]; virus yang dapat menyebabkan kutil di berbagai bagian tubuh. Wanita dianjurkan memiliki satu pasangan yang tidak memiliki banyak pasangan seksual.

2. Lakukan screening rutin pada leher rahim. Screening untuk kanker serviks alias  pap smear adalah metode untuk mendeteksi sel-sel yang berpotensi menjadi kanker. Untuk wanita yang pernah berhubungan seks, terutama yang sudah berusia 25-49 tahun, disarankan tes tiap tiga tahun sekali. Sementara wanita usia 50-64 tahun, lima tahun sekali.

3. Lakukan vaksinasi HPV. Ini cara melindungi wanita dari infeksi jenis virus utama yang menyebabkan kanker serviks. Vaksin akan lebih efektif jika diberikan pada gadis sebelum aktif secara seksual. Meski vaksin HPV bisa mengurangi risiko kanker serviks, vaksin ini tidak menjamin seseorang bebas dari penyakit ini. Sebaiknya tetap menjalani pap smear secara rutin meski sudah mendapatkan vaksinasi.

4. Berhenti merokok karena orang yang merokok lebih sulit dalam menghilangkan infeksi HPV dari tubuh. Infeksi inilah yang berpotensi menjadi kanker. [][teks @pohanpow/alodokter.com | foto expertbeacon.com, thetruthaboutcancer.com]