}
6 Masalah Kesehatan Pekerja Kantoran
Health

6 Masalah Kesehatan Pekerja Kantoran

by Dewi
Mon, 11-Jul-2016

Sebetulnya duduk seharian di kantor bisa membahayakan kesehatan. Nggak percaya?

1. Carpal Tunnel Syndrome

Yaitu rasa sakit, kesemutan, dan masalah lain pada tangan akibat tekanan pada saraf median pergelangan tangan Anda. Biasanya orang yang menderita carpal tunnel syndrome ini akibat terlalu lama mengetik dengan posisi tangan yang kurang tepat. Mengetiklah dengan posisi pergelangan tangan tidak menempel pada meja. Sesekali lakukan peregangan dan latihan-latihan pada pergelangan tangan.

2. Nyeri Punggung Bawah [NPB]

Yaitu berupa nyeri di bagian pinggang yang dapat menjalar ke tungkai kanan atau kiri. NPB seringnya terjadi karena duduk terlalu lama, ditambah dengan posisi duduk yang kurang baik. Pastikan posisi duduk dan letak monitor sudah tepat. Lalu berdirilah secara berkala. Dan yang perlu diketahui juga, jangan duduk dengan mengantongi dompet di saku belakang celana [terutama yang dompetnya tebal nih] karena dapat menekan syaraf sehingga bisa menimbulkan NPB.

3. Masalah Persendian

Tubuh manusia seharusnya banyak bergerak. Jika kita diam dalam waktu cukup lama, maka persendian akan menjadi kaku. Karena itu setelah duduk beberapa lama, biasakan untuk berjalan-jalan sebentar sambil lakukan sedikit peregangan.

4. Mata Lelah

Terlalu lama melototin monitor bisa membuat mata buram, terlalu sensitif, kadang disertai mata kering/berair, sakit kepala dan nyeri leher. Supaya mata tidak terlalu keras bekerja, cobalah perbesar ukuran font, jangan set terlalu terang, dan sesekali alihkan pandangan dari monitor. Lebih bagus lagi jika bisa melihat tanaman hijau selama beberapa saat.

5. Bakteri

Meja, telepon, keyboard, mouse, apapun yang ada di atas meja sangat mungkin menyimpan bakteri. Jika Anda biasa makan siang di meja kerja, jangan lupa untuk mengelapnya dengan antibacterial wipe setelah makan. Dengan mengelap meja secara rutin, Anda juga sekaligus menghilangkan kuman yang nempel di sana akibat dari batuk atau bersin seseorang.

6. Stres

Siapapun dapat terkena stres, terutama orang yang sehari-harinya bekerja terlalu keras, dengan jam kerja terlalu panjang. Stres dapat diredakan dengan olah nafas, relaksasi atau meditasi. Bahkan bermain games sangat bermanfaat bagi sebagian orang. Jika sudah melakukan berbagai cara namun tetap stres, mungkin sudah waktunya Anda mencoba bidang baru atau pindah tempat kerja. [][teks @tantedow/mainstreet.com | foto freedomhygiene.com & spybubbleplus.com]