}
Tomat, Buah dengan Banyak Manfaat
Health

Tomat, Buah dengan Banyak Manfaat

by Hagi
Wed, 20-Jul-2016

Tomat acap digunakan sebagai penghias makanan. Buah ini juga banyak dibuat saus yang menambah selera kita saat menyantap kudapan. Apa saja manfaatnya?

1. Tomat mengandung banyak lycopene, zat yang baik untuk kulit. Tomat bagus untuk membersihkan kulit wajah. Iris beberapa tomat dan tempatkan pada wajah Anda. Biarkan selama 10 menit, lalu bersihkan. Wajah Anda akan bersih dan berseri.

2. Tomat membantu pencegahan beberapa jenis kanker. Lagi-lagi, kandungan lycopene dalam tomat yang pegang peranan. Lycopene adalah antioksidan yang memperlambat pertumbuhan sel kanker. Tomat yang dimasak menghasilkan lebih banyak lycopene.

3. Tomat menjaga tulang tetap kuat. Sejumlah besar kalsium dan vitamin K terkandung dalam tomat. Kalsium dan vitamin K adalah nutrisi penting untuk memperkuat dan melakukan perbaikan kecil pada tulang dan jaringan tulang.

4. Tomat membantu perbaikan kerusakan akibat merokok. Tentu saja tomat bukan pelarian bagi Anda yang ingin berhenti merokok. Tetapi asam fumarat dan asam chlorogenic dalam tomat akan bekerja dan melindungi tubuh dari efek karsinogen yang dihasilkan asap rokok.

5. Tomat kaya antioksidan penting seperti vitamin A dan vitamin C, yang akan menetralkan radikal bebas berbahaya dalam darah. Beta-karoten di dalam tomat menghambat kerusakan sel dari serangan radikal bebas. Makanlah tomat mentah agar kandungan vitaminnya terjaga.

6. Tomat bagus untuk jantung. Vitamin B dan kalium dalam tomat akan mengurangi kadar kolesterol dan menurunkan tekanan darah. Dengan memasukkan tomat ke dalam menu diet seimbang Anda, banyak permasalahan jantung seperti stroke dapat dicegah.

7. Tomat juga baik untuk rambut, lho. Rahasianya ada di vitamin A dalam tomat yang bekerja sempurna menjaga rambut berkilau dan kuat.

8. Tomat pun sahabat ginjal. Tomat tanpa biji telah terbukti dalam beberapa studi dapat mengurangi risiko batu ginjal.

9. Tomat sungguh bagus untuk mata Anda. Tentu saja, tomat yang kaya vitamin A akan meningkatkan kemampuan penglihatan Anda. [][teks @evaevilia/floridatomatoes.org | foto pixabay.com]