}
Mengenal Rehabilitasi Narkoba
Health

Mengenal Rehabilitasi Narkoba

by Yogira
Tue, 09-Aug-2016

Belum semua orang tahu rehabilitasi narkoba. Rehabilitasi narkoba adalah tindakan represif sebagai upaya untuk menyelamatkan para pencandu narkoba dengan cara bertahap. Ada dua macam rehabillitasi narkoba di Indonesia, yakni: rehabilitasi medis [pengobatan] dan rehabilitasi sosial [pemulihan terpadu secara sosial].

Penggunaan obat untuk rehabilitasi medis adalah: metadhone dan buprenofin bagi pencandu heroin/morfin. Sementara naltrexone digunakan untuk detoksifikasi. 

Rehabilitasi sosial ialah cara nonmedis, yaitu konseling oleh dokter/psikolog dan intervensi sosial [motivasi keluarga/teman]. Cara nonmedis lainnya: Therapeutic Community [TC]. TC adalah terapi untuk para pencandu narkoba melalui perkumpulan demi penyembuhan bersama.

Badan Narkotika Nasional [BNN] adalah badan yang menerima permohonan rehabilitasi narkoba. Silakan cek laman bnn.go.id.

Sedangkan untuk tempat rehabilitasi narkoba, di Jakarta ada beberapa, termasuk Rumah Sakit Ketergantungan Obat [RSKO] di Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan dan di Cibubur, Jakarta Timur. [][teks @firza/alodokter.com, berbagai sumber  | foto wisegeek.com, anjasmith.com]