}
Mengerti Skizofrenia Lebih Jauh
Health

Mengerti Skizofrenia Lebih Jauh

by Sherra
Tue, 09-Aug-2016

Skizofrenia adalah gangguan otak yang mendistorsi cara seseorang berpikir, bertindak, mengekspresikan emosi, berhubungan dengan orang lain, dan merasakan kenyataan. Kadang penderita skizofrenia dianggap memiliki kepribadian ganda. Simak dulu yuk faktanya..

1. Ada lima subtipe skizofrenia: skizofrenia paranoid, skizofrenia terdisorganisasi [tidak teratur], skizofrenia katatonik, skizofrenia tidak tergolongkan, dan skizofrenia residual.

2. Skizofrenia biasanya muncul di usia 20-30-an.

3. Meskipun penyebabnya tidak diketahui, namun terdapat faktor genetika, kimia otak, kelainan otak, dan lingkungan.

4. Perawatan dengan minum obat, menjalani terapi, dan dirawat di rumahsakit dapat mengurangi gejalanya.

5. Gejala skizofrenia adalah kecemasan berlebih ditambah dengan halusinasi, delusi, dan paranoia.

6. Gejala positif skizofrenia adalah delusi, halusinasi, ketidakteraturan pembicaraan, dan perubahan perilaku.

7. Gejala negatif skizofrenia adalah menurunnya atau tidak adanya perilaku tertentu, seperti emosi yang datar, menarik diri, ketiadaan pembicaraan yang berisi, mengalami gangguan sosial, serta kurangnya motivasi untuk beraktivitas.

8. Gejala kognitifnya termasuk kesulitan fokus atau memusatkan perhatian dan sulit mengingat. Tapi itu nggak berarti mereka nggak cerdas, lho.

9. Banyak orang-orang kreatif dan cerdas sepanjang sejarah yang memiliki skizofrenia, seperti penari balet Vaslav Nijinsky asal Rusia dan pemenang Hadiah Nobel matematika, John Nash.

10. Skizofrenia bisa membuat pengidapnya lebih sulit untuk mengurus kebutuhan mereka sehari-hari, seperti berpakaian dan mandi. Ini bukan berarti mereka malas, hanya memang mereka butuh bantuan dengan rutinitas sehari-hari mereka.

11. Bukan hal yang mustahil untuk sembuh dari penyakit Skizofrenia. Dengan obat yang tepat dan terapi, sekitar 25% dari orang-orang dengan penyakit ini bisa benar-benar pulih.

12. Penderita skizofrenia tidak memiliki dua kepribadian yang berbeda. Ia hanya memiliki pemikiran yang salah atau telah hilang kontak dengan realitas.

13. Skizofrenia dan gangguan kepribadian ganda adalah kondisi yang berbeda dan tidak berhubungan.

14. Meskipun kadang penderita skizofrenia dapat bertindak tak terduga, namun bukanlah melakukan kekerasan. Apalagi kalau mereka dirawat dengan baik.

15. Ketika mereka melakukan tindakan kekerasan pun biasanya mereka memiliki latar belakang masa kecil yang bermasalah atau penyalahgunaan obat. [][teks @saesherra/dosomething.org, webmd.com | foto pixabay.com]