}
Mengenal 7 Chakra
Health

Mengenal 7 Chakra

by Hagi
Mon, 27-Apr-2015

Chakra [bahasa Sanskerta, artinya roda] adalah titik-titik eneergi dalam tubuh manusia yang menjaga kesehatan dan keseimbangan dengan sekitar kita. Karena penting untuk kesehatan, mari kita mengenalnya lebih dalam.


Chakra #1 - Muladhara
Disebut juga Chakra Akar, letaknya di dasar tulang belakang.
Chakra Muladhara mempengaruhi identitas fisik, ambisi, dan stabilitas. Jika ada ketidakseimbangan di chakra ini, Anda akan merasakan lelah yang luar biasa, insomnia, sakit pinggang, depresi, obesitas, marah-marah, dan krisis kepercayaan diri.

Chakra #2 Svadhishthana
Dikenal sebagai Chakra Sakral, letaknya di perut bagian bawah, di bawah pusar.
Chakra Svadhishthana menguasai identitas emosional, kreativitas, kesenangan, dan seksualitas. Jika chakra ini bermasalah, Anda akan merasakan sakit punggung bagian bawah, nyeri panggul, masalah di kandung kemih, dan menurunnya imunitas. Selain itu, Anda juga akan lekas marah, mudah malu, merasa tidak kreatif, control freak, dan mendapat masalah dalam berhubungan intim.

Chakra #3 Manipura
Orang menyebutnya Chakra Solar Plexus, letaknya di perut.
Chakra Manipura mengendalikan ego, kepercayaan diri, dan mengatur emosi. Ketidakseimbangan pada chakra ini akan bikin Anda sakit perut, radang sendi, diabet, ketidakseimbangan adrenaline, gangguan pencernaan. Anda juga akan terserang depresi, gelisah, takut ditolak, bingung, dan bermasalah dengan harga diri.

Chakra #4 Anahata
Punya nama lain Chakra Jantung, letaknya di rongga dada.
Chakra Anahata mempengaruhi kepercayaan, cinta, dan rasa iba. Jantung Anda akan nyeri, kena asma, sulit bernafas, dan sakit paru-paru, jika chakra ini tidak seimbang. Bukan hanya itu, Anda juga jadi moody, sulit mencintai, tak punya rasa iba, mudah putus asa, dan cepat marah.

Chakra #5 Vishuddha
Disebut juga Chakra Tenggorokan, letaknya tentu saja di leher.
Chakra Vishuddha mengendalikan komunikasi, kreativitas, intuisi, dan pemahaman terhadap kenyataan. Jika chakra ini tidak seimbang, Anda akan disfungsi thyroid, sakit tenggorokan, leher kaku, sariawan, masalah pendengaran, dan sakit gusi. Anda juga akan mudah ragu, mood swings, dan merasa kurang kreatif. 

Chakra #6 Ajna
Punya sebutan keren: Chakra Mata Ketiga, letaknya di tengah kening.
Chakra Ajna mempengaruhi imajinasi, inspirasi, intelejensi, dan realisasi diri. Permasalahan pada chakra ini akan mengakibatkan Anda sakit kepala, bermasalah dengan tidur, bermimpi buruk, dan sulit belajar. Anda pun akan susah berkonsentrasi, sulit bertindak adil, bingung, dan depresi.

Chakra #7 Sahasrara
Dikenal sebagai Chakra Mahkota, letaknya di puncak kepala.
Chakra Sahasrara mengatur sistem keyakinan dan spiritualitas serta hubungan dengan Sang Pencipta. Ketidakseimbangan pada chakra ini membuat Anda mudah lelah serta sangat sensitif pada suara dan cahaya. Anda juga bisa jadi apatis, tak punya tujuan, kehilangan kontak spiritual, serta berubah menjadi materialistis. [][teks @evaevilia/worldlifestyle.com | foto freeimages.com]