}
20 Cara Raih Hidup Sehat
Health

20 Cara Raih Hidup Sehat

by Hagi
Mon, 15-Aug-2016

Dikutip dari Viral Buzz, ada 20 cara yang bisa kita biasakan untuk meraih hidup sehat yang seimbang. Simak yuk..

1. Wake up before sunrise. Bangun pagi sebelum keduluan terbitnya matahari. Selain baik untuk tubuh, bangun pagi juga baik untuk pikiran kita. Lebih fresh dan siap menerima tantangan di hari itu.

2. Don’t skip breakfast. Jangan pernah melewatkan sarapan, karena tubuh yang siap bergiat di pagi hari, perlu asupan nutrisi yang cukup. Andai tak tersedia sumber energi, maka tubuh akan memaksa diri. Salah-salah, bisa pingsan lho.

3. Exercise for an hour. Biasakanlah berolahragalah minimal satu jam setiap pagi. Gunanya adalah melenturkan dan menghangatkan otot-otot agar lebih siap menerima pekerjaan.

4. Drink 2 glasses of water 5 times a day. Agar terhindar dari dehidrasi, selalu minumlah dua gelas air putih lima kali sehari. Mulanya mungkin agak berat, tetapi tubuh akan merasakan manfaatnya.

5. Cook a meal at home. Mesi terlihat merepotkan, tetapi membiasankan masak makanan di rumah akan jauh lebih sehat dan hemat.

6. Get off the internet. Hidup kita bukan hanya di dunia maya. Oleh karena itu,
batasi penggunaan internet, agar kita masih bisa tetap hidup di dunia nyata.

7. Walk briskly for an hour. Seringkali aktivitas kaum pekerja kantoran, hanya berputar di sekitar meja kerjanya. Tubuh kurang gerak. Sempatkanlah dalam sehari untuk berjalan kakilah dengan cepat selama satu jam.

8. No junk food. Makanan cepat saji mengandung banyak nutrisi yang tidak dibutuhkan tubuh. Hasilnya, timbunan lemak akan menumpuk dan membuat bobot tubuh mulai bertambah.

9. Get 8 hours of sleep at night. Tidur malam amat penting untuk mengembalikan kesegaran tubuh. Tidurlah sedikitnya delapan jam di malam hari.

10. Procrastinate procrastinating. Menunda kebiasaan baik, adalah buruk. Karena hanya akan membuat kerepotan di masa depan. Jadi, tundalah kebiasaan menunda.

11. Cycle to work. Bersepedalah ke tempat kerja. Selain baik untuk kesehatan, juga bagus untuk lingkungan.

12. Ditch the elevator. Naik lift memang mudah. Nggak harus capek-capek mengeluarkan tenaga. Tapi kalau mau sehat, pilihlah tangga untuk naik atau turun beberapa tingkat.

13. Drink a cup of green tea. Teh hijau baik untuk kesehatan. Coba deh, minum secangkir teh hijau setiap hari. Tanpa gula ya.

14. Laugh out loud for 10 minutes. Obat yang baik adalah tertawa. Apalagi dikelilingi oleh teman-temang dekat. Tertawalah yang keras selama 10 menit. Tapi, jangan di atas penderitaan orang lain yaa..

15. Do 10 repetitions of surya namaskar. Pernah coba yoga? Lakukan 10 kali yoga dengan gaya surya namaskara.

16. Breathe in deep for 10 minutes. Mengatur pernapasan baik untuk kesehatan paru-paru. Aturlah napas dengan baik selama 10 menit.

17. Take a barefoot stroll on grass. Syaraf-syaraf di telapak kaki perlu dirangsang untuk memperlancar peredaran darah. Berjalanlah tanpa alas kaki di rerumputan.

18. Give sugar a pass. Banyak penyakit muncul dipicu oleh tingginya kadar gula dalam darah. Kurangi penggunaan gula, agar terhindar dari diabetes.

19. Go green. Selain harganya tidak mahal, mengonsumsi sayuran hijau bagus untuk pencernaan karena kandungan seratnya tinggi.

20. Call up an old friend. Saling menyapa dengan teman lama tentu menyenangkan. Ada banyak kenangan manis yang akan membuat Anda bahagia. Kontaklah teman lamamu, dan jalinlah kembali hubungan dengannya. [][teks @evaevilia/viralbuzz | foto pixabay.com]