}
Hitung Indeks Massa Tubuh
Health

Hitung Indeks Massa Tubuh

by Pohan
Tue, 23-Aug-2016

Commuters, pernah nggak kamu menghitung indeks massa tubuh? Apa sih gunanya? Perhitungan ini untuk mengetahui berat badan kamu ideal atau tidak.

Nah, kalau hasil perhitungan 25 atau lebih memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap penyakit jantung, osteoarthritis, beberapa tipe kanker, dan diabetes level 2. Sebaliknya, hasil perhitungan di bawah 18 memiliki risiko tinggi terkena osteoporosis atau pertanda kesehatan badan kamu tidak baik.

Perhitungan indeks massa tubuh wanita dan pria sama, selama usia mereka di atas 20 tahun. Untuk mengetahui hasil perhitungan, kamu bisa gunakan kalkulator indeks massa tubuh yang tersedia di laman ini.

Menurut dr. Ekky M. Rahardja, MS. SpGK, keterbatasan indeks massa tubuh tidak dapat diterapkan pada anak-anak dalam masa pertumbuhan, wanita hamil, dan orang yang sangat berotot, contohnya atlet.

Kesimpulannya, indeks massa tubuh bisa jadi alarm peringatan bagi kesehatan tubuh kamu, Commuters. [][teks @pohanpow/dokita.co, doktersehat.com | foto dok. weightlossresources.co.uk, blog.memorialhermann.org]