}
Tips Lindungi Pendengaran
Health

Tips Lindungi Pendengaran

by Sherra
Sat, 27-Aug-2016

Dengerin musik pakai earphone atau headphone emang asyik. Tapi kalau keseringan, hati-hati ah, nanti malah merusak pendengaran. Apalagi kalau berada di lingkungan yang terlalu bising. Nah, mari kita lindungi pendengaran dengan cara ini:

  1. Kecilkan volume musik

    Jangan dengarkan musik dengan earphone sampai suara sekitar tak terdengar atau bahkan orang di sebelah mendengar musik dari earphone-mu. Itu tandanya volume terlalu besar untuk pendengaran.

  2. Istirahatkan telinga

    Saat berada di tempat yang sangat bising dalam waktu yang lama, usahakanlah keluar sesering mungkin agar bisa mengistirahatkan pendengaran.

  3. Gunakan earplug

    Semakin kencang suara dan semakin lama kamu mendengarnya, maka lebih besar risiko buruk untuk telinga. Lindungilah pendengaranmu dengan earplug. Misalnya, saat bekerja di lingkungan yang bising atau saat nonton konser dekat soundsystem.

  4. Pakai noise-canceling headphones

    Noise canceling adalah fasilitas yang biasa dimiliki headphone untuk mengurangi tingkat kebisingan dari lingkungan sekitar. Jadi kamu bisa mendengarkan audio melalui headphone tersebut dengan kualitas yang lebih baik dan nggak perlu pakai volume kencang.

Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati. [][teks @saesherra/berbagai sumber | foto @saesherra/pixabay.com]