}
Yuk! Hidup Sehat dengan Rumput Laut
Health

Yuk! Hidup Sehat dengan Rumput Laut

by Sherra
Wed, 29-Apr-2015

Setiap mendengar kata seafood, yang langsung terpikirkan adalah ikan, kepiting, udang, kerang, dan sebangsanya. Padahal rumput laut 'kan termasuk juga salah satu jenis seafood yang sarat khasiat.

Ada banyak macam rumput laut atau seaweed, misalnya Nori, Dulse, Bladderwrack, Kombu, Sea Lettuce, Arame, Wakame, dan sebagainya.

Sering kita berjumpa dengan segala bentuk olahan rumput laut, seperti pada sushi, sup miso, es campur, es buah, atau bahkan dibuat menjadi dodol rumput laut. Semua jenis rumput laut tersebut kaya akan nutrisi dan tinggi protein.

Oke, mari simak beberapa khasiat rumput laut untuk tubuh.

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Penelitian mengungkapkan bahwa rumput laut mengandung Alginat, yaitu serat yang bisa membuat pencernaan lancar, perut akan lebih kenyang, mengurangi penyerapan lemak, dan mencegah makan berlebihan. Penelitian juga menunjukkan bahwa rumput laut dapat membantu menurunkan berat badan dan kadar kolesterol jahat. Wah, makanya, tanaman ini cocok untuk makanan saat diet.

2. Mencegah Anemia
Saat kekurangan zat besi, tubuh menjadi kurang energi, pucat, dan sesak napas. Beberapa jenis seaweed mengandung zat besi yang dapat menstabilkan jumlah sel darah. Zat besi pada rumput laut juga menyehatkan sistem peredaran darah dengan meningkatkan aliran darah.

3. Memerangi Kanker
Rumput laut kaya akan anti-oksidan, yakni senyawa kimia bernama lignan yang berkhasiat menghalangi pertumbuhan kanker. Penelitian Harvard School of Publick Health menyatakan, wanita di Jepang berpotensi 3 kali lipat lebih kecil terserang kanker karena mengonsumsi rumput laut.

4. Mendetoks Tubuh
Rumput laut bisa menjadi tameng yang bisa menangkal racun karena polusi, baik dari luar, maupun dari dalam tubuh. Klorofil yang terkandung dalam rumput laut juga bisa bantu membersihkan tubuh secara internal.

5. Mencegah Osteoporosis
Percaya nggak, rumput laut mengandung kalsium 5 kali lipat dibandingkan susu? Nah, sebagian besar kalsium dalam tubuh kan bisa menjaga menjaga tulang dan gigi agar kuat.

6. Pengganti Garam
Menurut penilitian di Inggris, butiran rumput laut bisa menggantikan garam yang juga mengandung yodium. Mengapa garam? Karena penggunaan garam yang berlebihan bisa meningkatkan risiko terkena penyakit stroke, jantung, dan risiko tekanan darah tinggi.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Rumput laut mengandung vitamin C tinggi dan bagus untuk menjaga kesehatan tubuh, gigi, gusi, tulang serta kulit. Selain itu, tanaman alga ini bisa lebih cepat menyembuhkan luka. Rumput laut juga memproduksi antibodi, cytokines dan sel-sel lainnya yang berperan penting dalam meningkatkan imunitas tubuh.

Nggak cuma itu, mengonsumsi rumput laut secara rutin bisa menyembuhkan beberapa penyakit, seperti: batuk, asma bronitis, TBC, flu, cacingan, sakit perut, hepatitis, dan lain sebagainya. [][teks @saesherra/berbagai sumber | foto berbagai sumber]