}
Usir Gas Berlebih
Health

Usir Gas Berlebih

by Sherra
Thu, 15-Sep-2016

Kamu sering merasakan perut kembung? Rasanya pasti nggak enak. Gas yang berlebih dalam perut bisa bikin nyeri, nggak nyaman, dan bisa saja bikin malu. Iya malu karena kamu jadi kentut atau sendawa yang berlebihan misalkan. Bahkan kadang perut rasanya bergemuruh.

Penyebab  kelebihan gas paling serinng adalah pencernaan protein yang nggak lancar. Protein membutuhkan banyak asam klorida dari perut untuk dipecah. Kalau nggak ada asam lambung yang cukup, protein akan cenderung berfermentasi dan membusuk. Ketika ini terjadi, perut akan kelebihan gas yang menyebabkan perut terasa kembung, kekenyangan, nyeri ulu hati, dan kadang-kadang muntah.

Beberapa gas memang dihasilkan alami dari sistem pencernaan tubuh. Untuk mengurangi gas pada perut yang berlebihan dan sering mengganggu, berikut caranya:

1. Hindari atau kurangi makan makanan yang mengandung gas; buah-buahan tertentu, seperti apel dan pir; sayuran termasuk brokoli, kubis brussel, dan bawang; produk susu seperti susu, keju, dan es krim.

2. Cobalah untuk minum 30 menit sebelum makan agar pencernaan lebih baik.

3. Makan dan minumlah perlahan agar udara agar tidak menelan udara yang bisa menyebabkan gas di perut.

4. Kebiasaan merokok, makan permen karet, dan minum dengan sedotan memungkinkan untuk membawa udara ke dalam tubuh yang menyebabkan gas berlebih.

5. Hindari pemanis buatan seperti sorbitol.

6. Seseorang yang mengidap intoleransi laktosa juga bisa menyebabkan kelebihan gas di perut. Maka batasilah mengonsumsi produk dairy.

Kelebihan gas juga bisa menjadi gejala untuk mereka yang mengidap kanker usus besar. Hmm.. jadi kalau udah nggak wajar, sebaiknya diperiksakan ke dokter ahlinya. Begitu juga sendawa. Sesekali sih normal, tapi sering bersendawa mungkin merupakan tanda dari gangguan pencernaan bagian atas. Ini termasuk tukak lambung, penyakit gastroesophageal reflux [GERD], atau gastroparesis.

Kalau sudah kejadian, coba atasi dengan cara alami seperti berikut:

1. Minumlah segelas teh jahe sebelum atau setelah makan untuk membantu mengatasi kelebihan gas di perut atau kembung.

2. Gas yang disebabkan oleh gangguan pencernaan dapat diobati dengan 10 menit berjalan kaki.

3. Satu sendok teh daun ketumbar kering juga bisa membantu. Seduh saja dengan secangkir air mendidih.

4. Kadang gas bisa disebabkan oleh gaya hidup yang kurang baik, cobalah untuk berolahraga ringan seperti berjalan selama 30 menit, berenang selama 10 menit, atau bahkan melompat sebanyak 10 kali.

5. Cinnamon bisa juga digunakan untuk mencegah pembentukan gas perut dan nyeri. Caranya, tambahkan kayu manis bubuk ½ sendok teh ke dalam segelas susu cair. Kalau suka, boleh kok ditambahk madu.

6. Kamu juga bisa membuat teh kayu manis dengan menambahkan 1 sdt bubuk kayu manis ke dalam 2 cangkir air panas. Diamkan 2 menit lalu minumlah.

[][teks @saesherra/everydayhealth.com, naturalremedyideas.com | foto gettyimages]