}
Manfaat Seledri
Health

Manfaat Seledri

by Pohan
Thu, 29-Sep-2016

Seledri atau Apium graveolens L. adalah tumbuhan serbaguna yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Kita sering temui dalam sup dan salad, atau sebagai hiasan untuk hidangan tertentu.

Menyimpan seledri sebaiknya di dalam lemari es supaya masih bisa digunakan sampai 5-7 hari dan pastikan tidak membeku. Commuters, berikut manfaat seledri yang perlu kamu ketahui:

1. Seledri mengandung phthalides, yakni semacam senyawa kimia organik yang dapat menurunkan tingkat hormon stres dalam darah.

2. Makan seledri setiap hari dapat mengurangi kolesterol yang menyumbat arteri atau disebut LDL.

3. Biji seledri membantu mencegah infeksi saluran kemih pada wanita dan masalah pada ginjal, sistitis, dan kondisi sejenis.

4. Seledri mengandung coumarin untuk meningkatkan aktivitas sel-sel darah putih tertentu, yang secara efektif dapat mencegah kanker.

5. Seledri kaya vitamin C, yang meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh.

6. Makan daun selederi bisa mengobati diabetes karena seledri tinggi akan serat yang terbukti membantu mengelola gejala diabetes.

7. Seledri mengandung kalsium tinggi. Umumnya digunakan untuk menenangkan saraf. [][teks @pohanpow/organicfacts.net | foto dok. tiptophomeremedies.com, oahufresh.com]