}
Hebatnya Daun Singkong
Health

Hebatnya Daun Singkong

by Sherra
Tue, 05-May-2015

Tanaman singkong memang udah akrab banget dengan lidah orang Indonesia. Baik itu buahnya maupun daunnya, singkong seringkali menjadi bahan berbagai macam kuliner.

Ada yang nggak suka daun singkong? Duh rugiii.. Selain punya banyak manfaat, daun singkong harganya murah dan bisa dipetik sendiri di kebun. Tentunya kebun sendiri ya, jangan kebun tetangga.

Nah, kalau langganan beli nasi padang, daun singkong selalu hadir di antara lauk lainnya. Daun singkong juga biasanya dijadikan bahan urap, sayur berkuah santan, dan juga tumisan. Di warteg pun sering jadi menu sayur wajib: gule daun singkong. Inilah daftar sebabnya daun singkong itu hebat:

  • Daun singkong mengandung protein dan asam amino untuk membantu tubuh meregenerasi sel tubuh yang telah mati. Seluruh otot, kulit, rambut yang ada di tubuh dibentuk oleh protein. Jadi, daun singkong berfungsi sebagai pencegah proses penuaan dan membuat tubuh selalu segar.
  • Selain mengandung kalori yang cukup untuk kegiatan sehari-hari, daun ubi-ubian ini juga mengandung karbohidrat. Nah, jadi kita nggak usah kuatir kalau lagi nggak ada nasi, makan aja sayur daun singkong. Toh sama-sama mengenyangkan dan menjadi sumber tenaga utama bagi tubuh kita.
  • Suka susah buang BAB? Kamu bisa makan daun singkong untuk melancarkannya. Daun ini mengandung serat yang bisa membantu kelancaran proses pencernaan di dalam usus. Tentunya, serat dibutuhkan untuk menjaga kadar koletrol. Nah, pada akhirnya daun hijau tua ini bisa cegah penyakit sakit jantung, kanker usus, diabetes, dan kegemukan.
  • Klorofil pada daun singkong adalah antioksidan yang berkhasiat mengatasi dampak dari radikal bebas.
  • Menurut penelitian para ilmuan, daun singkong bisa bantu menyembuhkan penyakit stroke karena mengandung banyak isoflavon.
  • Yep, dedaunan hijau ini juga bisa menyehatkan mata karena kandungan vitamin A. Caranya dengan mengonsumsi rutin 3 kali dalam seminggu.
  • Pernah nggak menggunakan daun singkong untuk mengobati luka? Nah, serat dan zat besi yang ada dalam daun singkong bermanfaat untuk mempercepat pengeringan luka dan mengurangi terbentuknya bekas luka.

Gimana? Yuk ah banyakin mengonsumsi sayuran, termasuk daun singkong biar tubuh kian bugar. [] [teks @saesherra/berbagai sumber | foto berbagai sumber]