}
Jangan Ganggu, Saya Lagi Sariawan!
Health

Jangan Ganggu, Saya Lagi Sariawan!

by Hagi
Tue, 05-May-2015

Sariawan adalah luka kecil di sekitar rongga mulut. Penyebabnya bisa macam-macam. Kurang vitamin, tergigit, panas dalam, atau salah obat. Kondisi ini memang menjengkelkan. Sama kayak sakit gigi, sering kita tak berdaya dibuatnya. Yuk cari tau cara mengatasinya.

1. Parasetamol atau Mefenamat - Kamu bisa pake obat kumur antiseptik, atau juga obat minum. Pilih parasetamol atau asam mefenamat. Cek dosisnya.

2. Pasta Berbahan Garam dan Baking Soda - Yang ini bikin sendiri. Campur garam dengan backing soda dan tambahkan sedikit air. Oles ke lukanya.

3. Air Kelapa - Selain baik untuk mengatasi dehidrasi, air kelapa juga baik untuk mengobati sariawan karena mampu mengusir panas dalam.

4. Pisang dan Madu - Ini juga buat sendiri. Haluskan pisang, dengan sendok atau diblender. Campur dengan madu. Oleskan ke luka.

5. Daun Jambu Biji - Kunyah beberapa daun jambu biji, lalu berkumurlah.

6. Yogurt - Mengonsumsi larutan asam manis ini dapat menjaga keseimbangan bakteri di mulut dan tubuh. Penyembuhan akan lebih cepat.

7. Minum Vitamin - Minum vitamin B, vitamin C, zat besi, dan asam folat juga berperan dalam mencegah dan menyembuhkan luka sariawan.

8. Konsumsi Buah-buahan - Tomat, jeruk, jambu biji, strawberry, air lemon, akan memenuhi kebutuhan vitamin C, dan cepat mengusir sariawan.

9. Bawang Putih dan Pepaya - Tempelkan langsung pada bagian luka sariawan. Agak perih sih. Tapi bisa cepat sembuh.

10. Minyak Kelapa dan Madu - Minyak kelapa berfungsi sebagai anti-bakteri. Campur dengan madu dan oleskan pada luka sebelum tidur.

11. Kunyit - Cuci bersih kunyit, haluskan, dan campurkan dengan satu sendok teh gliserin dengan cara ditumbuk atau diblender. Oleskan di lukanya. [][teks @evaevilia/inkesehatan.blogspot.com | foto freeimages.com]