}
Resep Sehat ala Gita Sjahrir
Health

Resep Sehat ala Gita Sjahrir

by Sherra
Fri, 25-Nov-2016

Buat yang belum tahu, Gita Sjahrir adalah founder studio indoor cycling pertama di Jakarta yang sangat menjunjung tinggi gaya hidup sehat. Dia satu-satunya instruktur yang mengantungi sertifikat Schwinn di Indonesia.

Pertengahan di tahun 2004, Gita sempat mengidap Still’s Disease, penyakit langka yang mengakibatkan sel-sel darah putih kehilangan kemampuan untuk membedakan antara sel-sel tubuh sehat dan bakteri atau virus yang merusak tubuh. Akibatnya, sistem kekebalan tubuhnya justru menyerang jaringan sehat. Itulah yang menyebabkan peradangan serta nyeri sendi yang nggak tertahankan.

“Sebenarnya kata dokter biasanya nggak sembuh. Waktu saya sakit, daripada ngeluh setiap hari mendingan saya mencoba untuk sembuh. Saya percaya penyembuhannya bukan hanya dari obat, tapi juga diri sendiri. Saya bersyukur pernah sakit. Itu membuat saya harus lebih sehat. Jangan selalu menyepelekan kesehatan dan kini sangat hati-hati untuk menjaga kesehatan,” ujar Gita.

Nah, apa ya resepnya biar sehat dan bugar seperti Gita Sjahrir?

“Menurut saya tiap orang tubuhnya beda-beda. Nggak mungkin kalau efektif untuk satu orang, efektif juga untuk orang lain. Jadi harus selalu mendengarkan ritme dari tubuh kita,” katanya lagi.

Simak nih Commuters..

1. Olahraga!

Walaupun olahraganya ringan atau masih basic. Yang penting kamu harus luangin waktu gimana caranya buat olahraga.

2. Makan yang benar.

Jangan asal sembarang jajan atau makan. Sayangi tubuh ya! Pikirkan asupan gizi baik buat tubuh. Yang pasti, tingkatkan konsumsi sayur dan buah-buahan.

3. Tidur yang cukup.

Kalau kurang? Wah, yang pasti sih efeknya ngantuk berat. Selain itu bisa menurunkan daya tahan tubuh, daya ingat, dan penuaan dini. Nggak mau kan?

4. Manage stress level.

Nah ini. Mungkin agak susah, tapi kamu bisa kok menempatkan tiap masalah di tiap kondisi. Misalnya masalah di rumah, jangan dipikirin saat di kantor. Begitu pula sebaliknya.

5. Selalu bersyukur.

Ini kadang hal yang suka kita lupakan. Kata Gita, “Kita itu biasanya lebih sehat dari yang kita expect. Dan kita itu sebenarnya jauh lebih kuat dari yang kita pikir.”

Pokoknya jangan pernah sepelekan kesehatan ya.. [][teks & foto @saesherra]