}
Keseleo? Coba Lakukan Ini
Health

Keseleo? Coba Lakukan Ini

by Sherra
Wed, 14-Dec-2016

Terkilir paling sering terjadi pada pergelangan kaki. Ketika orang jatuh dan mendarat dengan kaki yang kurang stabil, pergelangan kaki akan keseleo. Bisa juga terkilir pada tangan atau jari karena berbagai faktor, olahraga atau kecelakaan.

Terkilir juga sering terjadi karena kurangnya peregangan otot dan pemanasan pada saat sebelum berolahraga. Tanda-tanda gejala keseleo biasanya adalah: rasa sakit, bengkak, memar, nggak bisa bergerak atau menggunakan sendi. Begini penanganannya:

1. Istirahatkan daerah yang terkilir atau tegang. Jika perlu, gunakan arm sling untuk cedera lengan atau tongkat kruk untuk membantu berjalan.

2. Jika jari cedera, balutlah jari tangan atau kaki dengan menyatukannya ke jari sebelahnya.

3. Kompres bagian yang keseleo atau bengkak dengan es selama 15-20 menit setiap jam. Jangan pernah menaruh es langsung pada kulit. Tapi gunakan handuk tipis untuk perlindungan.

4. Untuk membantu menghentikan pembengkakan, balut dengan perban elastis sampai bengkak berhenti. Jangan membungkus terlalu erat karena dapat menghalangi sirkulasi. Kendurkan perban jika nyeri meningkat atau daerah bengkak menjadi mati rasa.

5. Jagalah agar area yang cedera diangkat dan diganjal bantal agar membantu mengurangi pembengkakan. Jika kaki cedera, jangan letakkan kaki di bawah dalam jangka waktu yang lama.

6. Pijat perlahan sekitar area yang bengkak atau cedera untuk menghilangkan rasa sakit dan melancarkan aliran darah. Ingat! Jangan memijat yang bengkak. Itu bisa menyebabkan nyeri.

6. Untuk 48 jam pertama setelah cedera, hindari berbagai hal yang mungkin bisa meningkatkan pembengkakan, seperti mandi atau berendam air hangat, koyo, atau minuman beralkohol.

7. Obat tradisional:

» Rempah-rempah juga banyak berkhasiat untuk pereda nyeri, kunyit contohnya. Selain memiliki sifat anti-inflamasi, kunyit bisa membantu melemaskan otot-otot, jaringan dan sendi serta mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Campur 2 sdm bubuk kunyit, 1 sdm air jeruk nipis, dan sedikit air hangat hingga kental. Oleskan ke bagian yang cedera, bungkus dengan perban, lalu biarkan selama 10 jam. Ulangi lagi setiap 10 jam dan lanjutkan perawatan selama seminggu.

» Bukan cuma kunyit, bawang putih juga bisa cepat meringankan berbagai gejala keseleo. Bawang putih juga memiliki sifat anti-inflamasi, bisa mengurangi rasa sakit serta peradangan. Campurkan 1 sdm bawang putih [yang telah diblender] dan 2 sdm minyak kelapa hangat. Pijat perlahan pada daerah yang cedera dan biarkan selama setengah jam. Ulangi cara ini tiga atau empat kali sehari selama beberapa hari sampai sembuh.

8. Konsultasikan ke dokter sesegera mungkin jika ada gejala kemungkinan patah tulang. [][teks @saesherra/webmd.com, tophomeremedies.com | foto pixabay.com]