}
Gula Bikin Gendut?
Health

Gula Bikin Gendut?

by Dewi
Sun, 11-Dec-2016

Sering beredar di telinga kita: gula bikin gendut. Makanya orang-orang yang berniat diet pun berusaha sekuat tenaga menjauhkan dirinya dari gula atau minuman dan makanan yang dipercaya mengandung gula. Tapi benarkah demikian?

Gula, atau yang juga biasa disebut sukrosa, adalah karbohidrat yang secara alami terkandung dalam buah-buahan dan sayuran. Dari semua jenis tumbuhan, gula paling tinggi terdapat dalam bit dan tebu. Gula yang dihasilkan dari keduanya adalah 99,95% sukrosa murni. Dan tau nggak, sebuah penelitian di Amerika menemukan bahwa 1 sendok teh gula alami ternyata cuma mengandung 15 kalori!

Nah, mengonsumsi lebih banyak makanan dengan kalori tinggi lebih membuka peluang untuk nambah berat badan dengan cepat. Kalau kamu nggak mau menjadi gendut, cobalah langkah berikut ini.

Buat jurnal atau catatan selama 7 hari, catat semua yang kamu minum dan makan. Carilah di internet tabel yang berisikan keterangan jumlah kalori dalam makanan dan minuman. Catat jumlah kalori dalam makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Jangan lupa perhatikan dan catat juga jumlah yang kamu konsumsi ya [misalnya 150 gram, 250ml, dll].

Di internet kamu juga bisa cari informasi berapa kalori yang sebaiknya kita konsumsi berdasarkan umur, tinggi badan, berat badan, dan tingkat aktivitas. Ada juga yang menyediakan informasi berapa jumlah kalori yang terbakar melalui aktivitas yang berbeda-beda.

Nah, periksalah jurnal 7 hari kamu tadi. Sudah sesuaikah dengan tabel yang kamu dapat? Kalo ingin mengurangi berat badan, ya kurangi asupan kalori kamu atau tingkatkan aktivitas fisik atau lakukan keduanya.

Jadi, daripada menjauhi gula sama sekali, cobalah jalan lain dengan menghitung kalori di setiap makananmu. Selamat mencoba ya, Commuters.. [][teks @tantedow/sugar.org | foto food.ndtv.com & bodybuilding.com]