}
Bad Stretching
Health

Bad Stretching

by Dewi
Sun, 18-Dec-2016

Dari jaman saya kecil dulu, sebelum berolahraga selalu diingetin “ayooo stretching duluuuu…” sampai saat ini. Manfaatnya memang bagus banget, otot-otot yang kaku, yang mungkin belum siap buat dibetot-betot, dilemesin dulu. Tapi baru-baru ini saya baca sebuah artikel [dan ternyata ada banyak artikel] yang menyebutkan soal Bad Stretching. Saya coba share di sini ya.

Pertama-tama yang harus diketahui adalah ada dua jenis stretching. Stretching dinamis, idealnya dilakukan sebelum berolahraga, meliputi beberapa gerakan sederhana menyerupai gerakan yang akan kita lakukan saat berolahraga. Dan stretching statis, meliputi peregangan otot lengan, kaki, dan bagian tubuh lainnya yang ditahan selama beberapa waktu.

Bad stretching itu intinya melakukan salah satu jenis stretching di waktu yang salah. Nah supaya nggak salah, contohnya: jika olahraga yang akan kita lakukan memerlukan kelenturan tingkat tinggi, maka stretching statis sangat dibutuhkan. Tapi jika olahraga yang kamu pilih lebih kepada power bin kekuatan, maka stretching statis bisa dilakukan setelah selesai berolahraga.

Melalui stretching dinamis kamu akan mendapatkan:

  • Aliran darah ke otot meningkat
  • Kesiagaan meningkat
  • Menyiapkan sistem saraf motorik
  • Meningkatkan kelenturan jaringan lunak*

Sedangkan stretching statis yang dilakukan setelah berolahraga, di saat otot-otot masih panas, dapat memberikan kamu:

  • Berkurangnya pegal-pegal setelah berolahraga
  • “Meluruskan” kembali otot yang melintir
  • Memperpanjang jaringan lunak*

Nah setelah tau kegunaannya masing-masing, disarankan juga sebelum stretching untuk melakukan pemanasan. Pilih kegiatan pemanasan yang berhubungan dengan bagian otot mana yang akan banyak dilatih. Misalnya jika kamu akan banyak memakai otot paha bagian depan saat berolahraga, maka pemanasan yang dianjurkan adalah dengan treadmill atau melakukan step aerobic.

Tapi Commuters, jika kamu baru aja sembuh dari cedera, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter atau physical therapist ya. Salam olahraga! [][teks @tantedow/medicaldaily.com & stretching-excercises-guide.com | foto huffpost.com & mundofitness.com]

*] otot, urat, ligamen, saraf, pembuluh darah, membran tipis pada kapsul sendi