}
Tubuh Kebal dengan Herbal
Health

Tubuh Kebal dengan Herbal

by Yogira
Wed, 06-May-2015

Jangan pikirin gimana Superman bertubuh kebal karena memang dari sono-nya begitu. Dia punya jimat dari Planet Krypton. Pikirin aja, kita bisa bertubuh kebal dari serangan penyakit asalkan pake herbal.

Ya herbal adalah ‘senjata’ yang bisa membasmi berbagai penyakit yang bersarang dalam tubuh manusia. Nah, berikut adalah 10 tumbuhan herbal terbaik kelas dunia, yang sudah diakui keampuhannya.    

1. Kunyit
Kunyit ternyata musuh penyakit. Tenggorokan sakit, usus terasa melilit, pakailah ramuan kunyit. Caranya, saringlah cairan parutan kunyit pada segelas air hangat, lalu tambahkan 1 sdm madu dan jeruk nipis. Minumlah secara teratur.

2. Kayu Manis
Punya diabetes? Kolestrol? Nyeri otot? Sariawan? Jangan pesimis. Cobalah obati dengan kayu manis. Cukup potongannya dikunyah atau disesap. Kalau ada serbuknya, bisa juga dicampur teh.

3. Rosemary

Biasanya sih, tumbuhan ini sebagai bumbu penyedap masakan. Tapi kamu bisa manfaatkan khasiatnya untuk kesehatan pencernaan, menurunkan risiko alzheimer dan stroke, juga bisa mencegah kanker. Satu sdm serbuk atau minyak rosemary bisa dicampurkan dengan makanan.

4. Jahe
Ada puluhan khasiat jahe, di antaranya: untuk penyakit kembung, migren, demam, batuk, anti alergi, turunkan kolestol, dll. Lebih nikmat kalau parutan jahe direndam dalam air hangat, dicampur madu dan susu, siap diminum.

5. Holy Basil

Di Indonesia lebih dikenal dengan nama selasih. Herbal ini berkhasiat untuk mengobati batuk, pilek, gangguan jantung, menyehatkan mata serta mulut, dll. Selasih biasanya jadi campuran minuman dingin. Seger pake parutan kelapa.  

6. Bawang Putih
Vampir aja takut sama bawang putih, apalagi penyakit stroke, diabetes, flu, diabetes, dan puluhan penyakit lainnya. So, biasakan masakan kamu dibumbui bawang putih ya.

7. St John’s Wort [Hypericin]

Tumbuhan menjalar ini biasanya dipakai untuk ramuan jamu. Tanaman yang mengandung melatonin ini berkhasiat untuk antioksidan, pencegah kecanduan narkoba, dan sebagai obat penenang.

8. Andrographis
Herbal ini nggak akrab di telinga kita ya? Tapi khasiatnya mantap lho. Tanaman asal India dan Srilanka ini sangat ampuh mengobati infeksi pernapasan dan penyakit hati

9. Sea Buckthron
Ini juga herbal luar negeri, lebih banyak tumbuh di negara-negara Eropa. Untuk pengobatan, herbal ini sudah berbentuk minyak, yang berkhasiat mengobati penyakit [jantung, rematik, sendi, flek, jerawat] dan penambah stamina.

10. Kudzu
Tanaman asal Jepang ini mengandung vitamin A dan C. Biasanya dunia kedokteran memanfaatkan herbal ini untuk ramuan penyembuh vertigo dan menghentikan kecanduan alkhohol. [][teks @yofirza/ berbagai sumber | foto prevention.com/healthyfellow.com/whatsonxiamen.com]