}
Perawatan Sikat Gigi
Health

Perawatan Sikat Gigi

by Pohan
Fri, 06-Jan-2017

Sikat gigi ada yang bulunya soft, medium, atau hard. Bulu sikat yang terlalu keras bisa merusak gusi, akar, dan lapisan pelindung gigi, terutama jika menyikat terlalu kencang. Inilah cara merawat sikat gigi:

1. Cuci sikat gigi di bawah air kran untuk membersihkan sisa-sisa makanan. Rendam sikat gigi di dalam cairan pencuci mulut anti bakteri.

2. Jangan menempatkan sikat gigi yang masih basah langsung di dalam penutup [jika ada], di dalam lemari, atau laci di kamar mandi.


3. Tempatkan pada rak atau di dalam cangkir terbuka sampai bulu sikat mengering. Kemudian masukkan ke tempat tertutup yang punya celah udara.

4. Wastafel di luar kamar mandi bisa menjadi tempat yang cocok untuk meletakkan sikat gigi. Hindari persentuhan antar-sikat gigi saat disimpan.

5. Ganti sikat gigi 3-4 bulan sekali atau pada saat bulu sikatnya terlihat sudah tidak layak pakai dan sebaiknya tidak berbagi sikat gigi dengan orang lain, termasuk anggota keluarga. [][teks @pohanpow/alodokter.com | foto dok. pixabay.com, luckies.co.uk]