}
Cara Sederhana Menghindari Kanker
Health

Cara Sederhana Menghindari Kanker

by Dewi
Sat, 04-Feb-2017

Commuters, ternyata 70% penyebab kanker itu bisa dihindari dan berkaitan dengan gaya hidup kita lho! Rajin berolahraga dan menghindari tembakau sudah pasti berada di urutan teratas untuk menghindari penyakit kanker. Tapi sebetulnya banyak kebiasaan sehari-hari, yang jika kita perbaiki, juga dapat membantu setidaknya mengurangi kemungkinan terkena penyakit kanker. Yuk kita lihat bareng-bareng..

1. Minum banyak air putih. Pastikan air minum yang kamu konsumsi adalah bersih dan sehat. Dan hindari menyimpan air minum dalam botol plastik. Lebih baik dalam botol kaca atau stainless steel.

2. Kalo kamu mau bakar ayam atau ikan atau daging, sebaiknya bumbu olesnya ditambahi rosemary atau thyme, dan diamkan selama lebih kurang satu jam. Ini untuk mengurangi munculnya senyawa penyebab kanker yang biasanya terdapat pada makanan yang dibakar.

3. Doyan ngopi setiap hari? Menurut para peneliti di Inggris sana, minum beberapa cangkir kopi sehari dapat mengurangi risiko kanker otak, mulut, dan tenggorokan.

4. Makan sayuran hijau. Chlorophyll [zat hijau daun] yang terkandung di dalamnya mengandung magnesium. Zat ini dapat mengurangi risiko kanker usus pada wanita.

5. Rajin berolahraga nggak hanya membakar lemak, tapi juga mengurangi risiko terkena kanker. Contoh paling simpelnya, jalan cepat selama 2 jam dalam seminggu dapat mengurangi risiko kanker payudara sebanyak 18%.

6. Buat yang selalu “nempel’ sama hape, mulai sekarang gunakan hands-free jika berniat teleponan dalam waktu cukup lama. Ini untuk mengurangi otak kamu terpapar frekuensi radio yang keluar dari hape.

7. Jika ada rencana berpanas-panasan, untuk melindungi kulit kita, disarankan memakai baju berwarna biru atau merah. Hasil riset menunjukkan kedua warna itu melindungi kita dari sinar ultraviolet lebih baik daripada warna putih atau kuning. Dan jangan lupa, pakai topi juga.

8. Minum susu! Kandungan kalsiumnya bisa mengurangi risiko kanker usus sebesar 36% jika rajin minum susu setiap hari. Atau yogurt!

9. Untuk yang sehari-hari sarapannya roti tawar, beralihlah ke jenis roti gandum. Mengandung lebih banyak serat dan lebih sedikit gula.

Gimana Commuters, gampang kan hidup lebih sehat? Kuatkan niat dan konsisten dalam melakukannya. Mari kita mulai sekarang juga! [][teks @tantedow/prevention.com | foto pinterest.com & sheknows.com]