}
Hati-hati dengan Kadar pH dalam Tubuh
Health

Hati-hati dengan Kadar pH dalam Tubuh

by Sherra
Fri, 08-May-2015

Kadar pH atau Potential Hidrogen adalah konsentrasi ion hidrogen dalam suatu zat yang menentukan tingkat keasaman atau basa. pH seharusnya sedikit basa, antara 7.35-7.45. pH dikatakan netral apabila berada di angka 7,0. Dikatakan asam kalau pH di bawah angka 7,0. Sedangkan pH di atas 7,0 adalah basa. Nah, bagaimana pH dalam tubuh kita?

Konsentrasi pH dalam tubuh dipengaruhi oleh makanan minuman yang kita makan atau gaya hidup. Kadar pH dalam tubuh bisa menjadi asam juga biasanya disebabkan oleh aktivitas diet, stress, racun tubuh berlebihan, dan kekurangan oksigen. Nah, makanan yang sering kita konsumsi adalah makanan yang memicu kadar asam, seperti daging, ikan, unggas, telur, biji-bijian, kacang-kacangan, makan makanan olahan, makanan kemasan, makanan manis, pasta, produk susu, minuman beralkohol, obat-obatan, dan garam meja.

Kalau pH dalam tubuh terlalu asam? Wah harus hati-hati ya. Soalnya tubuh akan menumpuk karbondioksida dalam darah. Pada akhirnya kondisi itu akan menyulitkan pernafasan, menurunkan kemampuan tubuh untuk menyerap mineral dan nutrisi, menurunkan produksi energi dalam sel, mengurangi kemampuan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak, membuat sel-sel tumor berkembang, dan menjadi lebih rentan kelelahan dan penyakit.

Agar seimbang, tubuh sebaiknya memerlukan asupan 60% makanan berkadar basa dan 40% makanan berkadar asam. Makanan yang bersifat basa biasanya adalah buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayuran. Makanan tersebut antara lain: air, pisang, melon, apel, kelapa, jeruk, anggur, jeruk, semangka, stroberi, blackberry, kismis hitam, raspberry, asparagus, brokoli, mentimun, kangkung, bit, wortel, kubis, seledri, selada, paprika, collard hijau, labu dan bawang, kacang mete, almond, kentang.

Nah, itulah alasan mengapa kita harus mengonsumsi banyak sayuran dan buah. [][teks @saesherra/berbagai sumber | foto berbagai sumber]