}
Mari Berkebun!
Health

Mari Berkebun!

by Sherra
Fri, 07-Apr-2017

Commuters ada yang suka berkebun? Nggak cuma jadi sekadar hobi, berkebun pun bermanfaat untuk kesehatan.

1. Melepas Stres

Kita bisa lebih santai dengan udara segar dan matahari. Pertemuan tangan kita dengan tanah mengurangi kadar kortisol atau hormon stres. Ini bisa jadi penyegar daripada kamu di balik meja di ruangan ber-AC.

2. Olahraga Ringan

Saat menggali dan menanam terus menerus, tubuh perlu kekuatan dan peregangan. Nah, berkebun bisa membantu memompa darah. Jadi, ini bisa jadi olahraga ringan dan minim risiko cedera.

3. Halau Depresi

Kotoran mengandung mycobacterium vaccae, antidepresan alami. Mikroba tersebut bisa meningkatkan senyawa sitokin yang menghasilkan senyawa serotonin, yaitu senyawa yang bikin kita bahagia. Sama banget nih kayak sesudah olahraga.

4. Asupan Makanan Sehat

Orang-orang berkebun cenderung makan lebih sehat daripada yang nggak. Yes, karena menanam di rumah organik dan bebas dari kimia, pastinya akan lebih punya kebanggaan bisa mengonsumsi makanan hasil kebun sendiri.

5. Kekuatan Tangan

Ketika menua, kelincahan dan kekuatan tangan bisa berkurang. Berkebun melatih otot-otot tangan untuk tetap kuat dan lincah. Tapi jangan berlebihan, karena bisa menyebabkan cedera. Apalagi kalau nggak pemanasan. Saat lelah berkebun, istirahatkan badan, ya Commuters..

6. Vitamin D

Kayak olahraga, berkebun di bawah sinar matahari membuat tubuh kita bisa mendapat vitamin D dan mencegah sejumlah penyakit. Tapi nggak pas panas terik juga yah!

Berkebun bisa 'menularkan' efek positif buat kita dan lingkungan. Buat yang belum, coba aja untuk menanam beberapa di pot dan rawatlah mereka. [][teks @saesherra/lifehack | foto pexels.com]