}
Kenali Tanda-tanda Kanker Prostat
Health

Kenali Tanda-tanda Kanker Prostat

by Pandu
Wed, 03-May-2017

Seperti wanita yang berisiko kena Kanker Serviks, pria juga dihantui Kanker Prostat. Umumnya penyakit ini menimpa mereka yang berusia di atas 40 tahun. Tapi ada juga kasus yang menimpa usia sebelumnya.

Menurut data yang dilansir DepKes 2014, setidaknya ada 25 ribu orang yang terdata mengidap Kanker Prostat. Penyebab utamanya karena mengidap penyakit jantung, kencing manis, jarang olahraga, dan berat badan berlebih. Akan lebih baik mencegah daripada mengobati.

Kalau Commuters punya tanda-tanda seperti ini, lebih baik segera cek ke dokter. Supaya bisa ditangani secepatnya.

1. Susah buang air kecil

Bahasa sederhananya itu anyeng-anyengan. Ingin buang air tapi tidak ada yang keluar. Dan itu seringkali ganggu, karena terasa nyeri. Gejala ini akibat membesarnya kelenjar prostat.

2. Nyeri saat buang air kecil

Ini bisa jadi gejala infeksi prostat [prostatitis]. Tapi jika disertai darah samar segeralah cek ke dokter. Jangan diabaikan, karena bisa jadi ini adalah pertanda awal.

3. Nyeri di pangkal paha

Seingkali kanker prostat menciptakan nyeri di area punggung bawah, panggul atau pangkal paha. Penderita juga sering bangun di malam hari untuk buang air kecil.

4. Mengompol

Urin keluar perlahan dan tidak bisa tertahan lagi. Aliran urin juga biasanya tidak deras. Lebih mirip seperti ompol yang merembes tiba-tiba.

5. Sulit ereksi

Akibat aliran darah yang tersumbat, penderita jadi sulit ereksi atau menahannya. Seringkali disertai rasa nyeri bila berhubungan dan tidak adanya ejakulasi.

Bila lima gejala ini mulai Commuters rasakan, segeralah temui dokter untuk mendapat saran dan pengecekan. Gunakan BPJS untuk pembayaran. Jangan ditunda-tunda yaa. [][teks @haabib_onta | foto rd.com]