}
Buah Penangkal Asam Urat
Health

Buah Penangkal Asam Urat

by Hagi
Fri, 12-May-2017

Penyakit Asam urat adalah suatu kondisi yang menyebabkan pembengkakan dan rasa panas di persendian, dan rasa sakit yang luar biasa. Penyakit dengan nama lain gout ini disebabkan oleh zat purin yang berlebih di tubuh manusia. Meski semua sendi di tubuh bisa terkena penyakit asam urat, namun yang paling sering terserang adalah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Berikut ini adalah buah-buahan yang dipercaya dapat mengurangi asam urat dan dirangkum LINIKINI dari berbagai sumber.

1. Ceri

Zat Anthocyanin pada buah ceri memiliki sifat anti-inflamasi. Zat ini membantu menurunkan kadar asam urat dan mencegah asam urat mengkristal. Selain itu ceri juga mampu mentralkan asam serta membantu mencegah peradangan dan mengurangi nyeri.

2. Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu buah penurun asam urat. Asam sitrat pada jeruk nipis mampu melarutkan asam urat dan mengusir rasa nyeri pada persendian. Campurkan perasan sepotong jeruk nipis ke dalam segelas air, dan minum dua kali sehari.

3. Stroberi

Buah ini banyak mengandung vitamin C dan B Folat. Dua vitamin itu berfungsi sebagai zat anti-inflamasi yang bagus untuk mengobati asam urat. Meski begitu, sebaiknya konsultasi juga ke dokter saat hendak menggunakan stroberi sebagai terapi penyembuhan asam urat.

4. Pisang

Pisang amat bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat. Mengonsumsi 8 - 9 buah pisang setiap hari akan membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan sendi. Anda cukup melakukan rutinitas makan pisang ini selama tiga atau empat hari saja.

5. Tomat

Buah ini bersifat basa dan baik untuk kesehatan. Saat zat-zat dari tomat masuk ke dalam aliran darah maka sifat basa dalam darah akan meningkat. Dan kandungan purin dalam darah akan musnah diterjang serbuan zat basa dari tomat.

6. Apel dan Cuka Apel

Asam malat dalam apel dapat menetralkan asam urat. Mengonsumsi satu buah apel setiap hari akan membantu Anda menangani asam urat. Minum campuran 3 sendok teh cuka apel ke dalam 8 ons air sebanyak 2 sampai 3 kali sehari juga mengusir asam urat. [][teks @evaevilia666 | foto pixabay.com/cnick, express.co.uk]